Naik 12%, IPCM Peroleh Laba Bersih Rp60 Miliar di Semester I 2021

Foto: (Dok ipcmarine)

goodmoneyID – PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM), hari ini melaporkan kinerja keuangan perusahaannya untuk Semester I-2021. Dimana pendapatan usaha perusahaan mengalami kenaikan 16 persen menjadi Rp339 miliar. Angka tersebut naik 2 persen dari Rp 32,3 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktur Keuangan & SDM/Direktur Independen IPCM, Rizki Pribadi Hasan mengatakan dari sisi laba usaha, Rizki memaparkan bahwa terjadi juga peningkatan kurang lebih 20 persen, menjadi sekitar Rp70 miliar, dari sebelumnya Rp58 miliar pada periode yang sama.

“Lalu dari laba bersih kita juga mengalami peningkatan 12 persen menjadi Rp60 miliar,” kata Rizki dalam paparan publik, Jumat (17/9).

Secara umum kinerja keuangan IPCM Semester 1 2021 mengalami pertumbuhan yang sangat baik bila dibandingkan Semester 1 2020. Hal ini terlihat dari bertumbuhnya pendapatan usaha, EBITDA, laba usaha dan laba bersih Perseroan.

EBITDA mengalami peningkatan sebesar 22% bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2020, menjadi Rp113 miliar, dan earning per share meningkat 12 persen menjadi sekitar 11,5 persen. Laporan neraca juga naik 1 persen menjadi Rp1,42 triliun, akibat kenaikan piutang terkait peningkatan sales dan penyelesaian kapal yang membuat aset tetap IPCM mengalami peningkatan.

“Terlihat jelas bahwa kenaikan kita cukup signifikan dibandingkan tahun 2020, di mana pertumbuhan pendapatan hanya 2 persen dan pertumbuhan laba bersih minus 11 persen,” ujarnya.

Sekitar 48 persen aset IPCM berupa aset yang sangat likuid, yaitu kas dan setara kas. Di mana, ini juga termasuk piutang-piutang IPCM kepada induk perusahaan, yang dikategorikan IPCM sebagai sangat lancar.

“Arus kas kita mencapai angka Rp78 miliar, atau sedikit menurun 24 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ini akibat restitusi pajak yang cukup besar karena akumulasi dari beberapa tahun. Hal ini sedikit berbeda dengan tahun 2021, yang restitusi pajaknya tidak sebesar seperti tahun-tahun sebelumnya,” tutupnya.