OYO – RedDoorz, Beri Fasilitas Hotel Gratis Bagi Tenaga Medis Tangkal Corona

foto - OYO Room

goodmoneyID – Dua platform penyedia layanan penginapan online, yakni OYO Rooms, dan RedDoorz, siap berikan fasilitas penginapan hotel gratis kepada para tenaga medis yang berjuang melawan pandemi virus corona (Covid-19). Keduanya sepakat bekerjasama dengan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif dalam membantu keberlangsungan penanganan virus corona.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan, bahwa ini sebagai upaya pemerintah dalam melawan penyebaran covid-19, dengan memprioritaskan keamanan dan kenyamanan para tenaga medis yang terlibat membantu menangani virus ini. Sebab merekalah garda terdepan dalam menyelesaikan masalah pandemi ini.

“Kami ingin dapat memfasilitasi tenaga medis dan gugus tugas yang memerlukan akomodasi, dengan bekerja sama dengan platform penginapan online yakni OYO dan RedDoorz,  Pilihan lokasinya tentu yang dekat dengan beberapa rumah sakit yang menangani pasien COVID-19 di Jakarta,” ujar Wishnutama, di Jakarta.

RedDoorz menyediakan total 102 kamar hotel yang tersedia di dua hotel, yaitu RedDoorz Plus Near Plaza Blok M dan RedDoorz Plus @ Thamrin yang dapat diinapi oleh para tenaga medis yang khusus menangani kasus COVID-19. Kedua hotel ini dipilih karena kedekatannya dengan dua rumah sakit yang menangani cukup banyak kasus COVID-19 di Jakarta, yaitu RSPAD Gatot Subroto dan RS Cipto Mangunkusumo.

CEO dan Founder RedDoorz Amit Saberwal, mengungkapkan RedDoorz ingin berkontribuisi dalam menyelesaikan masalah wabah covid-19. Dengan meluncurkan Program Red Heroes sebagia upaya mendukung pemerintah dalam menyediakan tempat yang aman dan nyaman untuk tenaga medis yang berperang mewlan Corona.

“RedDoorz ingin ikut berkontribusi dalam penanganan wabah ini. Hal inilah yang mendasari kami dalam meluncurkan program Red Heroes di Jakarta sebagai bagian dari upaya untuk mendukung usaha pemerintah Indonesia dan sistem kesehatan di masa-masa yang paling menentukan ini. Situasi ini tidak akan berubah, kecuali kita dapat menyatukan upaya bersama dan menggunakan berbagai sumber daya yang kita miliki untuk melawan COVID-19. Kami berharap lebih banyak perusahaan dapat berpartisipasi dalam upaya ini”, jelas Amit Saberwal, berdasaran siaran pers yang diterima goodmoneyID.

Sementara OYO menyediakan Salah satu hotelnya di dekat wilayah  RS Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Country Head OYO Hotels and Homes Indonesia Alfian Lim, mengatakan pihaknya siap mendukung pemerintah dalam menghadapi covid-19, dengan menyediakan jaringan akomodasi OYO and Homes indonesia secara khusus untuk menjadi tempat tinggal bagi para tenaga medis yang berjuang menangani pandemi ini. Sehingga, mereka tetap bisa mendapatkan akomodasi dengan fasilitas yang layak dan nyaman untuk beristirahat selama masa bertugas.

Alfian juga menekankan bahwa fasilitas ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi di tengah kekhawatiran para tenaga medis yang terpaksa harus menjaga jarak dengan keluarga atau kerabat terdekat karena berinteraksi langsung dengan pasien positif COVID-19 setiap harinya.

“Di tengah pandemi ini, tenaga medis menjadi pihak yang paling berjasa. Mereka rela bekerja siang dan malam dengan jam kerja yang panjang, mengambil risiko hingga meninggalkan keluarga demi merawat pasien. Untuk itu, OYO secara khusus mengalokasikan sejumlah kamar di hotel kami bagi para pejuang kesehatan termasuk dokter, perawat dan petugas medis lainnya, guna mempermudah akses mereka untuk menginap, membersihkan diri, ataupun hanya sekedar melepas lelah di tengah kondisi sulit ini,” ujar Alfian, berdasaran siaran pers yang diterima goodmoneyID.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan bekerja bersama dengan berbagai unit di pemerintahan untuk mengelola dan menangani pemesanan dan menentukan para tenaga medis yang dapat mengakses penginapan yang RedDoorz dan OYO sediakan selama program ini berlangsung. Kedua platform ini akan membantu dan bekerja sama secara erat dengan unit-unit pemerintahan di level nasional dan daerah. Mereka juga akan melanjutkan program penginapan gratis ini, ke berbagai daerah lain yang membutuhkan dalam upaya membantu daerah-daerah lain yang paling membutuhkan dan terdampak terhadap pandemik ini, tergantung dengan perkembangan situasi di masa datang.

Berdasarkan data per tanggal 4 April, jumlah pasien positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) di Indonesia mencapai 2.092 kasus. Dari jumlah tersebut, korban meninggal mencapai 191 jiwa dan pasien sembuh 150 orang.