Penjelasan Angkasa Pura II, Terkait Penumpukan Calon Penumpang Di Soekarno-Hatta

Loading

goodmoneyID – PT Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan bahwa pada Kamis, 14 Mei sempat terjadi antrian calon penumpang di posko pemeriksaan dokumen perjalanan Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 04.00 WIB.

Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga mengatakan personel Angkasa Pura II telah berupaya penuh mengatur antrian, namun calon penumpang pesawat yang datang cukup banyak di Terminal 2 Gate 4.

“Antrian di posko verifikasi dokumen terjadi mulai pukul 04.00 WIB, di mana calon penumpang memiliki tiket pesawat untuk penerbangan antara pukul 06.00 – 08.00 WIB. Di antara jam tersebut, terdapat 13 penerbangan dengan keberangkatan hampir bersamaan, yaitu 11 penerbangan Lion Air Group dan 2 penerbangan Citilink.” ujar Febri pada wartawan dalam rilis tertulis, Kamis (14/5).

Dalam masa pengecualian pembatasan penerbangan ini, calon penumpang harus melakukan verifikasi kelengkapan dokumen sebagai syarat untuk bisa memproses check in. Verifikasi dokumen dilakukan oleh personel gabungan dari sejumlah instansi yang masuk dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang ada di posko pemeriksaan.

Adapun dokumen yang diverifikasi sebagai syarat agar calon penumpang dapat memproses check in antara lain tiket penerbangan, surat keterangan dinas, surat bebas Covid-19, dan dokumen lainnya. Sesuai yang tercantum dalam Surat Edaran No. 4/2020, tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang. Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 yang diterbitkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

“Saat ini sudah tidak ada antrian lagi di Terminal 2. Kami selalu berupaya untuk menjaga physical distancing di setiap area. Penerapan physical distancing di Soekarno-Hatta juga akan dievaluasi berkala melihat situasi dan kondisi terkini yang cukup dinamis,” kata Febri.

Febri menegaskan seluruh bandara PT Angkasa Pura II akan selalu beroperasi, pihaknya akan memastikan tak ada lagi penumpukan penumpang, dengan memantau penataan jadwal keberangkatan penerbangan.