Pentingnya Menjaga Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

Foto: Ilustrasi Es Teh (Sumber: Pexels)

goodmoneyID – Baru baru ini viral minuman esteh yang di tuding memiliki kadar gula berlebih oleh pembelinya. Padahal kadar gula dalam makanan atau minuman sangat penting untuk diperhatikan demi kesehatan, mengingat kini penyakit diabetes semakin banyak mengintai masyarakat yang mengonsumsi minuman dengan manis terlalu banyak.

Apa Itu Gula Darah?

Gula darah atau glukosa menjadi salah satu komponen yang penting bagi tubuh. Kandungan ini merupakan sumber energi yang penting serta memberikan nutrisi pada organ tubuh, otot, dan sistem saraf. Penyimpanan, penyerapan, dan produksi glukosa diatur dalam tubuh dengan melibatkan usus kecil, hati, dan pankreas.

Kandungan glukosa diperoleh dari proses pencernaan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula tambahan. Kekurangan atau kelebihan gula darah dalam tubuh tentunya dapat memicu berbagai risiko gangguan kesehatan. Untuk itu, mengetahui kadar gula darah dalam tubuh yang normal dinilai cukup penting agar kondisi kesehatan tetap terjaga dengan baik.

Bagi pengidap diabetes, mengetahui kadar gula darah dalam tubuh yang normal dapat membantu perawatan serta pengobatan yang dilakukan. Sedangkan, bagi orang yang sehat, mengetahui kadar gula darah yang normal membantu menjaga kesehatan tepat optimal.

Pentingnya Menjaga Kadar Gula Darah

Menjaga kadar gula darah agar dalam angka normal sangat penting. Gula darah terlalu rendah (hipoglikemia) atau tinggi (hiperglikemia) bisa berdampak negatif pada tubuh. Efek hipoglikemia antara lain:  tubuh lemas, kulit pucat, berkeringat, kelelahan, gelisah, sulit berkonsentrasi, mudah marah, kesemutan di area mulut, tidak mampu berdiri atau berjalan, kejang dan jantung berdebar.

Berikut kisaran kadar gula darah normal pada tubuh

– Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
– Dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL
– Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL
– Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL

Jika gula darah di bawah 70 mg/dL maka bisa mengalami hipoglikemia. Sebaliknya, dikatakan mengalami hiperglikemia jika kadar gula darah lebih dari 200 mg/dL.

Kita dapat mengelola glukosa darah dengan lebih baik melalui cara-cara berikut

1. Hindari makanan tinggi gula berlebih, termasuk soda, minuman manis dan kopi dengan krimer dan gula, jus buah, serta makanan ringan olahan dan permen batangan.

2. Konsumsilah makanan tinggi serat. Makanan ini biasanya membantu menjaga gula darah pada kondisi stabil.

3. Makan makanan yang mengandung lemak sehat, seperti dari minyak zaitun dan kacang-kacangan, dan pilih protein tanpa lemak seperti ayam dan kalkun.

4. Makan sayur dan protein nabati secara teratur, seperti kacang-kacangan dan tahu.