Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Memilih Asuransi Kesehatan

ilustrasi kesehatan. (sumber: pixebay.com).

goodmoneyID – Saat ini, masyarakat lebih dimudahkan dengan hadirnya beragam perusahaan penyedia layanan jasa asuransi kesehatan. Namun, Anda tetap tidak boleh asal dalam menentukan asuransi kesehatan mana yang harus dipilih.

Alih-alih mendapatkan asuransi kesehatan yang sesuai, Anda justru bisa dirugikan akibat kurang mencermati mengenai ketentuan yang ada dalam polis asuransi. Melansir dari situs hellosehat, 5 hal berikut ini sebaiknya anda pertimbangkan sebelum memilih asuransi kesehatan terbaik.

  1. Kenali kebutuhan

Salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan sebelum memilih asuransi kesehatan adalah memahami betul apa yang menjadi kebutuhan Anda. Hal ini bertujuan agar dapat menemukan asuransi kesehatan mana yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan, sehingga manfaat yang didapatkan pun akan lebih maksimal.

Ambil contoh, sekarang ada beberapa perusahaan asuransi yang tidak hanya menawarkan pilihan perlindungan untuk satu orang saja. Namun juga memberikan pilihan layanan yang bisa mencakup seluruh anggota keluarga.

Dengan kata lain, Anda hanya perlu memakai satu polis asuransi untuk semua anggota keluarga dengan biaya yang lebih ringan. Jika seluruh anggota keluarga belum pernah menggunakan layanan asuransi kesehatan, tidak ada salahnya untuk mencoba layanan yang satu ini. Tentu akan jadi lebih efektif dan efisien, bukan?

  1. Pahami sistem asuransi

Ada dua sistem klaim asuransi ketika menanggung biaya pengobatan Anda, yakni cashless (tanpa tunai) dan reimburse. Secara garis besar, cashless berarti Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya perawatan karena telah ditanggung oleh pihak asuransi. Tugas Anda hanyalah menunjukkan kartu kepemilikan asuransi, dan tagihan akan terbayar dengan sendirinya.

Sementara reimburse, mengharuskan Anda untuk mengurus dan membayar semua biaya pengobatan terlebih dahulu dengan uang pribadi. Setelah itu, mengajukan klaim penggantian uang kepada pihak asuransi.

Kedua metode ini, jelas akan menjadi pertimbangan besar karena memiliki aturan dan kebijakannya masing-masing. Lagi-lagi, pahami betul semua seluk beluk pelayanan, tawaran, serta manfaat apa yang akan didapat dari asuransi tersebut.

  1. Pertimbangkan biaya premi

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting dalam memilih asuransi kesehatan adalah mempertimbangkan premi yang sesuai dengan anggaran keuangan dan kemampuan Anda. Jangan sampai salah memilih premi, sehingga membuat anggaran keuangan membengkak.
Penting untuk memastikan bahwa biaya premi yang Anda pilih dapat mencakup seluruh biaya kesehatan yang dibutuhkan. Mulai dari biaya perawatan (inap/jalan), rumah sakit,  obat, operasi, dan segala tetek bengek penting lainnya.

Semakin banyak hal yang bisa ditanggung, tentunya akan semakin baik. Meski begitu, tetap pastikan biaya premi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

  1. Perhatikan cakupan rumah sakit

Perusahan asuransi ternama, biasanya telah memiliki kerjasama dengan banyak rumah sakit. Tentunya, Anda akan semakin dimudahkan untuk mendapat pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.
Untuk itu, pastikan Anda memilih asuransi kesehatan yang punya jaringan luas dengan cakupan berbagai rumah sakit. Bila perlu, Anda bisa menyesuaikan pilihan rumah sakit terdekat dengan lokasi tempat tinggal.

  1. Lakukan perbandingan

Oleh karena ada banyak perusahaan asuransi kesehatan dengan beragam layanan menariknya, mungkin akan membuat Anda dihadapkan dengan banyak pilihan. Solusinya, coba lakukan perbandingan antara perusahaan asuransi kesehatan satu dengan yang lainnya.
Lalu amati dengan teliti masing-masing tawaran dari perusahaan asuransi tersebut. Sekiranya, mana yang sudah sesuai atau bahkan hampir mendekati dengan apa yang Anda inginkan.