Foto: PT BPR Jatim Raih Penghargaan BUMD Award 2023 dari Kemendagri untuk Kelas BPR Kelompok Besar

Loading

goodmoneyID – PT BPR Jatim Bank UMKM Jawa Timur berhasil meraih penghargaan pada acara Penganugerahan BUMD Award 2023, yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni, kepada Direktur Utama (Dirut) Bank UMKM Jatim, Yudhi Wahyu Maharani.

Bank UMKM Jatim yang saham mayoritasnya dimiliki Pemprov Jatim ini, meraih penghargaan Peringkat III BUMD Award 2023 untuk Kelas BPR Kelompok Besar,
Dirut Bank UMKM Jatim, Yudhi Wahyu Maharani mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kemendagri, yang telah memberikan penghargaan ini.

Sebagai salah satu bank milik pemerintah terbesar diseluruh Indonesia, dengan jumlah aset sampai dengan September 2023 sebesar Rp3,3 triliun. “Penghargaan ini bisa menjadi pemantik kami untuk bekerja lebih baik lagi ke depannya. Kami juga akan lebih termotivasi dan dituntut untuk terus meningkatkan kinerja, tata kelola dan sinergi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni mengatakan, tujuan diberikannya penghargaan ini adalah untuk memberikan penilaian terhadap kinerja BUMD diseluruh Indonesia.

“BUMD seluruh Indonesia saat ini ada 1.056. Oleh karena itu agar bisa memetakan, bisa mengetahui kinerja dari BUMD, dan juga dalam rangka pembinaan dilakukan penilaian terhadap kinerja BUMD,” kata Agus Fatoni dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/9/2023).

Fatoni merinci setidaknya ada lima tujuan dari penilaian BUMD ini. Pertama dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap tata kelola dan kinerja BUMD. Kedua meningkatkan kinerja dan tata kelola serta menciptakan iklim kompetitif antar-BUMD.

Selanjutnya memberikan motivasi kepada pemerintah daerah (Pemda) dalam pengelolaan dan pengembangan usaha BUMD. Keempat meningkatkan sinergi antar-BUMD, asosiasi BUMD, dan pemda. Terakhir, mendorong pemda dan BUMD berinovasi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan publik.

“Penilaian yang digunakan dalam BUMD Awards Tahun 2023 ini yang pertama kemanfaatan bagi masyarakat, yang kedua kinerja, yang ketiga tata kelola, keempat pelayanan publik yang diberikan, kemudian inovasi dan sinergitas,” tuturnya.

Fatoni menjelaskan dalam pelaksanaannya, BUMD Awards melibatkan tim penilai yang diketuai oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri Tomsi Tohir. Anggota tim tersebut meliputi Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Direktur jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Deputi Bidang kelembagaan dan Tatalaksana KemenPAN-RB, serta Deputi Bidang Akuntansi Negara BPKP.

Anggota lainnya yakni Kepala BPSDM, Direktur Eksekutif Kemitraan, Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan IPDN, Direktur Utama PT Tempo, serta Direktur Utama dan Pemimpin Redaksi PT CNN Indonesia. “Tahapan dan proses sudah dilaksanakan sejak awal tahun, mulai dari penilaian di tingkat provinsi, kemudian juga masukan dan saran dari asosiasi,” ujarnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments