Resmi Meluncur, LinkAja Siap Dorong Peningkatan Inklusi Keuangan Nasional

GoodMoney – Minggu (30/6) Menteri BUMN Rino Soemarno resmi meluncurkan layanan keuangan berbasis elektronik LinkAja. Ini merupakan uang elektronik nasional yang inisiasi oleh sejumlah BUMN seperti Telkomsel, BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, Pertamina, Jiwasraya, dan Danareksa.

Dalam keterangannya, Rini mengatakan sebagai hasil sinergi berbagai produk keuangan elektronik BUMN, LinkAja memiliki visi memberikan akses layanan keuangan yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia serta mendorong peningkatan inklusi keuangan dan suksesnya Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Danu Wicaksana, CEO LinkAja, dalam keterangannya mengatakan hal tersebut menjadi pekerjaan besar LinkAja, yakni mencoba memberikan edukasi secara konsisten untuk mengubah kebiasaan masyarakat Indonesia dari menggunakan uang tunai menjadi nontunai.

“Karenanya kami berupaya untuk menyesuaikan strategi yang kami jalankan dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat sehingga mau berpindah menggunakan layanan uang elektronik dalam bertransaksi sehari-hari,” paparnya.

Danu juga mengapresiasi deretan BUMN yang memutuskan bersinergi dan melahirkan LinkAja.

“Peran Telkomsel sebagai operator selular terbesar di Indonesia dan jangkauan luas Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan Pertamina selaku pemegang saham sangat besar di sini dalam membantu misi besar kami,” ucapnya.

Danu mengharapkan, LinkAja dapat menjadi agen pembangunan nasional dan membantu visi pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan Indonesia.