Situs PSE Kominfo di Utak Atik Hacker, Terima Jutaan Serangan Siber Per Hari

Foto: Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani

goodmoneyID – Situs PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) Lingkup Privat milik Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diutak atik Hacker. Kominfo curhat pihaknya mengalami puluhan juta serangan siber per hari di situs PSE bahkan fitur pencariannya sempat hilang.

Situs PSE merupakan fitur pencarian yang bisa memudahkan mencari nama perusahaan yang sudah terdaftar di laman PSE Kominfo. Hilangnya fitur tersebut membuat pencarian terpaksa dilakukan secara manual per halaman. Misalnya, pada hari Minggu, 31 Januari 2022, pukul 16.00 telah terdaftar 8.750 perusahaan dengan tiap halaman berisi 10 nama perusahaan, yang berarti memiliki 875 halaman data.

“Kami mengalami puluhan juta serangan, ini kan situs PSE informasi untuk masyarakat kok diserang. Inikan informasi untuk biar bisa dilihat, kita diserang puluhan juta per hari, Untuk sementara waktu kita disable dulu karena disitulah vunerablenya,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo Semuel Abrijani di Jakarta, Minggu (29/7).

Lebih lanjut, Semuel mengatakan saat ini situs PSE Kominfo masih perbaikan kembali, ia menghimbau agar masyarakat menjaganya sebagai layanan publik.

“Memang sampai saat ini kami masih perbaiki, kami juga mohon bantuan kepada teman-teman karena ini ialah layanan publik yang bisa dipakai masyarakat untuk mendapat informasi” tuturnya.

Di situs PSE Kominfo memang terdapat kolom pencarian untuk mengetahui aplikasi mana saja yang sudah terdaftar, namun belakangan fitur pencarian tersebut mendadak hilang dan hanya bisa melihat halaman saja.

“Nanti kita perbaiki, jika serangan sudah mereda akan kita kembalikan ke semula” tandasnya.