goodmoneyID – Starbucks Indonesia bekerja sama dengan Non Government Organization Prestasi Junior Indonesia (PJI) menyelenggarakan Program Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program. Program ini diselenggarakan serentak pada 25 September 2019, di 4 Kota berbeda yaitu, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Di Jakarta, lokasinya di SMKN 57, Jalan Taman Margasatwa No.38B, Jati Padang, Jakarta Selatan.
“Tujuan utama dari kegiatan CSR Starbucks ini untuk meningkatkan motivasi wirausaha kepada siswa SMK. Sebelum acara ini, kita ada pitch competition, jadi mereka presentasi bagaimana caranya agar mendapatkan modal,” ujar Florentina Jabar, Asisten Program Manager PJI.
Program Entrepreneurship dalam bentuk Market Day di SMKN 57 diikuti oleh 250 murid SMKN 57 yang terbagi dalam beberapa kelompok. Proses seleksi dilakukan selama kurang lebih 2 bulan. Setiap kelompok siswa yang terpilih akan mendapat modal dari Starbuck sebesar Rp300 ribu sampai Rp500 ribu.
PJI dan Starbuck telah melakukan pertemuan selama kurang lebih 2 bulan untuk membantu para siswa menentukan ide dan membuat business plan dan pendampingan terkait ilmu kewirausahaan. Sehingga siswa mampu memulai wirausaha ketika mereka lulus dari sekolah.
Keuntungan dari Market Day akan sepenuhnya diserahkan kepada setiap kelompok. Puncak acara Market Day terdapat pemilihian tim terbaik. Kriteria yang digunakan antara lain produknya marketable, penguasaan materi produk (product knowledge) dan memiliki prospek. Juri terdiri dari 10 orang yang terdiri dari PJI, Starbuck, dan Guru SMKN 57.
“Ada pemilihan tim terbaik sesuai yang ditetapkan oleh Dewan Juri,” pungkas Olen.