Tips Antisipasi Virus Corona

goodmoneyID – Virus corona kini menjadi momok yang menakutkan. Data terbaru, 13 negara sudah terdampak virus yang diduga berasal dari  Wuhan, China tersebut.

Untuk meminimalisir dampak penyebaran virus, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengeluarkan imbauan agar masyarakat jangan panik. Selain itu, terus tingkatkan gaya hidup sehat. “Masyarakat tetap waspada terutama bila mengalami  gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas,” ujar Daeng M. Faqih, Ketua Umum PB IDI dalam pernyataan tertulisnya.

Agar pola hidupnya lebih sehat untuk mencegah virus corona, IDI mengimbau masyarakat untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Menjaga kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung, dan mata serta setelah memegang instalasi publik. Cucilah tangan dengan sabun dan bilas dengan air mengalir minimal selama 20 detik. Kemudian cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan bisa menggunakan sanitizier alkohol 70-80%.
  2. Menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk.
  3. Gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan ketika memiliki gejala saluran nafas.
  4. Istirahat bila sedang sakit.
  5. Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah dan sayur minimal 3 kali perhari dan makan makanan bergizi.

Selain itu, PB IDI juga menyarankan agar menghindari kontak dekat dengan orang yang sakit infeksi saluran pernafasan. “Hindari juga menyentuh hewan atau unggas atau hewan liar,” ujar Daeng.

Bagi masyarakat yang kembali dari daerah kejadian luar biasa corona (outbreak), konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam atau gejala lain dan beritahu dokter riwayat perjalanan serta gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit.