Foto: Ilustrasi WFH (Sumber: Pexels)

goodmoneyID – Lebaran selesai, suasana silaturahmi ke sanak saudara pun telah dilakukan. Kini kembali ke raelita yakni dunia kerja. Sejumlah pekerja merasa kesulitan mengembalikan produktivitas kerja mereka setelah liburan panjang. Hal ini sebenarnya relatif wajar, sebab biasanya kita masih terngiang-ngiang dengan suasana bersantai liburan yang lebih nyaman.

Meski wajar, kondisi susah kembali fokus 100 persen pada pekerjaan pascaliburan nyatanya tak bisa dibiarkan. Risikonya, pekerjaan bisa terbengkalai, produktivitas juga bakal menurun.

Supaya hal itu tidak sampai terjadi, berikut ini beberapa tips yang dapat mengembalikan produktivitas kerja di kantor setelah asyik liburan.

  1. Buat daftar prioritas: Buatlah daftar prioritas tugas yang harus diselesaikan, termasuk deadline dan tingkat urgensi. Hal ini dapat membantu Anda mengatur waktu dan memastikan bahwa Anda menyelesaikan tugas yang paling penting terlebih dahulu.
  2. Atur jadwal yang realistis: Setelah liburan, mungkin membutuhkan waktu untuk kembali ke rutinitas kerja Anda. Oleh karena itu, penting untuk membuat jadwal kerja yang realistis, yang memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas dan waktu untuk beristirahat.
  3. Fokus pada satu tugas pada satu waktu: Multitasking mungkin terlihat efektif, tetapi sebenarnya dapat membuat produktivitas menurun. Fokus pada satu tugas pada satu waktu dan jangan terganggu oleh hal-hal lain.
  4. Jangan menunda-nunda: Setelah liburan panjang, Anda mungkin merasa malas untuk memulai bekerja. Namun, menunda-nunda hanya akan membuat Anda semakin tertinggal. Mulailah bekerja secepat mungkin untuk menghindari stres dan kebingungan.
  5. Pertahankan keseimbangan hidup kerja: Keseimbangan antara hidup dan kerja sangat penting untuk kesejahteraan Anda. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk istirahat dan rekreasi di antara pekerjaan.
  6. Jangan lupa untuk berkomunikasi: Jika Anda kesulitan mengatasi pekerjaan setelah liburan, jangan takut untuk meminta bantuan atau berbicara dengan rekan kerja atau bos Anda. Terkadang hanya dengan berbicara dapat membantu Anda mengatasi masalah dan kembali produktif.

Selain itu, jika Anda merasa kesulitan untuk kembali ke rutinitas kerja setelah liburan, jangan ragu untuk berbicara dengan rekan kerja atau atasan Anda. Mereka mungkin dapat memberikan dukungan atau saran untuk membantu Anda mengatasi masalah.

Liburan panjang dapat membuat Anda merasa lebih santai dan bahagia, namun ketika kembali bekerja, situasinya dapat berbeda. Cobalah untuk tetap positif dan fokus pada tujuan Anda. Ingat bahwa semua akan baik-baik saja dan Anda akan kembali ke rutinitas kerja dengan lancar jika Anda bersikap positif dan bersemangat.