Tips Obati Mata Gatal Secara Alami

ilustrasi mata gatal (shutterstock.com)

goodmoneyID – Seringkali mata kita terasa gatal bila telah melakukan aktivitas kerja, seperti menulis, memandang layar ponsel, atau bahkan berkendara memakai motor. Hal apa yang pertama anda lakukan ketika masalah mata gatel itu terjadi? Sudah pasti menguceknya.

Eits tunggu dulu, mengucek mata ketika dalam kondisi gatal itu tidak disarankan, karena dapat membuat mata teriritasi dan merah.  Ada baiknya mengatasi mata gatal dan dengan tindakan yang tepat yaitu dengan obat atau bahan-bahan alami yang aman untuk digunakan.

Berikut cara mengatasi mata gatal dengan bahan alami yang mudah dilakukan di rumah dilansir dari doktersehat.com :

  1. Kompres air dingin

Tempelkan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin pada kelopak mata untuk menurunkan rasa gatal. Jika perlu, kita juga bisa membungkus es di dalam kain yang akan kita pakai untuk mengompres mata.

  1. Memakai chamomile

Chamomile memiliki sifat antialergi yang bisa dijadikan kompres untuk mengatasi mata gatal dengan efektif. Cara untuk menggunakannya pun sangat mudah, yakni dengan memasukkan sekantong teh chamomile ke dalam air hangat selama 5 menit. Gunakan rendaman air teh ini yang sudah dingin untuk membilas mata dan menurunkan rasa gatal.

  1. Memakai ketimun

Timun bisa mengatasi masalah mata bengkak atau kantung mata. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antiiritasi dan antioksidan di dalamnya. Untuk mengatasi masalah mata gatal, kita hanya perlu menyimpan potongan timun di dalam kulkas selama 15 menit dan kemudian meletakkan potongan timun dingin ini pada mata selama 10 menit. Rasa gatal pada mata pun bisa mereda.

  1. Memakai teh hijau

Taruhlah kantong teh hijau celup yang sudah dalam kondisi dingin pada kelopak mata selama beberapa menit untuk menurunkan rasa gatal pada mata.

  1. Susu dingin

Susu dingin berfungsi seperti kompres air dingin yang meredakan rasa gatal dan bengkak di mata. Caranya; Celupkan kapas di susu dingin. Tutup mata yang gatal dan tempatkan alas yang basah di atasnya. Biarkan selama sekitar 10 menit dan kemudian lepaskan. Lakukan ini 2 hingga 3 kali sehari.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera dikenal karena sifatnya yang menenangkan secara alami, yang dapat dikaitkan dengan komposisi kaya phytonutrisi. Kandungan lidah buaya juga anti-inflamasi dan dapat membantu meringankan gejala lain yang berhubungan dengan mata gatal. Cara pengobatan; Campurkan jus lidah buaya dan dinginkan selama 30 menit. Celupkan dua bola kapas di dalamnya dan letakkan satu di setiap mata tang gatal. Biarkan selama 10 hingga 15 menit lalu angkat. Lakukan cara ini beberapa kali setiap hari.

  1. Kentang

Kentang adalah sumber kaya glycoalkaloids yang menunjukkan sifat anti-inflamasi (11). Oleh karena itu, menerapkan kentang secara topikal dapat mengurangi rasa gatal dan bengkak di mata. Cara pengobatan; Ambil kentang mentah dan dinginkan. Potong menjadi irisan melingkar dan letakkan satu irisan pada setiap mata yang terasa gatal. Biarkan irisan kentang bekerja selama 15 menit. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali sehari.

  1. Madu

Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan yang dapat meringankan gejala mata gatal. Madu juga mengurangi peradangan dan pembengkakan yang disebabkan oleh alergi. Cara pengobatan; Gunakan madu organik dan oleskan di bawah kelopak mata yang gatal. Anda juga dapat menggunakan madu manuka untuk pengobatan ini. Biarkan selama 20 menit dan bilas. Atau, Anda bisa meletakkan setetes madu di kelopak mata Anda. Lakukan cara ini dua kali sehari.