Tokopedia Buat Inovasi Sambut Ramadhan

Loading

goodmoneyID – Tokopedia mengubah beberapa fitur unik di aplikasinya. Hal ini disesuaikan dengan tema menyambut Ramadhan di masa Pandemik seperti ini. Berbagai inovasi yang dihadirkan mencakup transformasi aplikasi untuk penjual, pengalaman baru dalam berbelanja di Tokopedia Play dan fitur Beli Langsung.

AVP of Product Tokopedia, Priscilla Anais menyebutkan di tengah pandemi Covid-19, Tokopedia berkomitmen memastikan para pebisnis lokal tersebut tetap beroperasi daring, juga terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah, terutama selama Ramadan.

“Bulan Ramadan biasanya dibarengi oleh lonjakan transaksi. Terlebih di tengah pandemi, belanja online menjadi alternatif meminimalisir penyebaran virus di tempat ramai. Kami juga menghadirkan pengalaman konten baru untuk para pembeli lewat Tokopedia Play and kemudahan berbelanja lewat fitur Beli Langsung,” ujar Priscilla, dalam rilisnya, Selasa (28/4).

Selain dari sisi pembeli, Tokopedia melakukan transformasi pada aplikasi khusus penjual demi meningkatkan produktivitas mereka.

“Fitur quick reply chat misalnya, sekarang sudah tersedia dan memungkinkan penjual membalas pesan dari pembeli lewat notifikasi tanpa harus membuka aplikasi. Ada juga weekly summary sales and order, yang bisa memudahkan penjual melihat ringkasan penjualan, performa toko, pesanan, serta kendala transaksi,” imbuh Priscilla.

Selain itu, pada homepage toko. Para penjual kini bisa memanfaatkan berbagai tampilan toko agar terlihat lebih menarik bagi pembeli. Para penjual juga dapat menampilkan kampanye, produk-produk unggulan, serta promo pada homepage yang dipersonalisasi.

Tokopedia juga membuat inovasi, live shopping dengan nama Tokopedia Play, yang terintegrasi secara langsung antar penjual dan pembeli. Inovasi ini membuat pembeli dapat berinteraksi dengan para kreator konten, juga langsung membeli produk yang dibutuhkan saat mengikuti live streaming.

Tokopedia juga menghadirkan fitur Beli Langsung yang mempermudah dan mempercepat proses berbelanja. Kini dengan fitur Beli Langsung, pengguna dapat menyelesaikan transaksi hanya dengan satu klik.

Saat ini, Tokopedia sudah mempunyai 7,8 juta penjual dan lebih dari setengahnya mengelola bisnis lewat aplikasi. Para pebisnis lokal ini memasarkan lebih dari 250 juta produk dengan harga transparan kepada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia.