goodmoneyID — Layanan non-tunai drive-thru milik McDonald’s di tengah wabah Covid-19 justru mengalami peningkatan hingga 4 kali lipat. Berdasarkan data yang dilansir oleh Youtap Indonesia (perusahaan teknologi yang memiliki fokus Pada layanan transaksi digital), mencatat ada peningkatan pada transaksi non-tunai layanan drive-thru McDonald’s. Kenaikan mulai terjadi semenjak minggu pertama pengumuman pandemi dan saat ini porsinya naik sampai 4 kali lipat dengan rata-rata nilai transaksi harian meningkat hingga sekitar 170%.
Youtap Indonesia telah mengembangkan solusi transaksi digital yang sudah terintegrasi dengan beberapa penerbit uang elektronik seperti LinkAja, ShopeePay dan juga dengan aplikasi reward Cashbac. Solusi dengan scanner khusus ini telah terintegrasi untuk transaksi di kasir counter, self ordering kiosk (SOK), serta drive-thru. Metode transaksi ini sangat aman digunakan ketika pandemi Covid-19 ini, dimana transaksi non-tunai dilakukan yang tanpa kontak dan pertukaran media.
Direktur IT dan Keuangan dari McDonald’s Indonesia Yanti Lawidjaja, mengatakan saat masa pandemi sekarang, McDonald’s lebih menitik beratkan pada layanan McDelivery, drive-thru dan take-away yang semuanya tanpa kontak langsung untuk mendukung langkah pemerintah dalam melakukan social distancing guna mencegah laju penyebaran Covid-19.
“Solusi digital non-tunai dari Youtap sangat mendukung inisiatif non tunai kami, sehingga memberikan keleluasaan kepada pelanggan dalam melakukan pembayaran. Dengan transaksi yang cepat dan aman melalui solusi Youtap ini, kami juga melihat kenaikan yang signifikan untuk penggunaan non tunai pada transaksi drive-thru di masa pandemi ini,” ujar Yanti, dalam rilis tertulis kepada goodmoneyID, Kamis (16/4).
Dilain sisi, CEO Youtap Indonesia Herman Suharto, menyebutkan dengan diberlakukannya status PSBB di beberapa kota karena pandemi ini, pihaknya tetap memberi dukungan penuh termasuk penambahan pembayaran lainnya di McDonald’s dalam waktu dekat.
“Ini adalah bentuk komitmen kami untuk mendukung mitra kami, McDonald’s Indonesia dalam melayani konsumennya dan mendukung Indonesia untuk melewati masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Herman.
Selain McDonald’s, Youtap juga mencatat ada kenaikan transaksi non-tunai pada merchant-merchant lainnya di seluruh Indonesia hingga 129%. Menyusul perubahan kebiasaan konsumen yang lebih memilih pembayaran non-tunai di masa pandemi Covid-19.
“Kami mulai mengedukasi para merchant UMKM untuk memberikan layanan pesan antar dengan transaksi non-tunai. Ini adalah momentum kita untuk mendorong adopsi transaksi digital yang nyaman dan aman,” pungkas Herman.