Wasapada, Tidur Larut Malam Tingkatkan Risiko Kegemukan

goodmoneyID – Manusia punya waktu 24 jam dalam sehari. Dimana 8 jam normalnya seseorang menghabiskan waktunya untuk bekerja. Lalu 12 jam lainnya mereka habiskan untuk beraktivitas seperti hang out, olahraga, maupun tidur. Namun seringkali diantara kita tidur terlalu larut malam, karena berbagai kegiatan yang menyebabkan lupa waktu.

Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa berusia 18-25 tahun dan 26-64 tahun sebaiknya tidur selama 7 sampai 9 jam. Namun, durasi dari 6 sampai 10 jam juga masih dianggap aman untuk kesehatan orang dewasa. Organisasi tersebut juga menyebutkan bahwa jendela tidur dimulai pada pukul 08.00 malam hingga 00.00.

Ketika anda memutuskan untuk tidur hingga larut malam, anda harus tahu risiko yang bisa timbul kepada kesehatan anda. Salah satunya bisa meningkatkan risiko kegendutan.

Berikut risiko tidur larut malam melansir Hallosehat.

Begadang, tidur saat siang hari, dan makan setelah pukul 8.00 malam mungkin menjadi faktor risiko kenaikan berat badan. Sebuah studi yang dilakukan Northwestern Medicine menemukan fakta bahwa orang yang tidur larut malam mengonsumsi 248 kalori lebih sehari, khususnya saat makan malam atau sore.

Penelitian selama satu minggu itu melibatkan 51 peserta yang terdiri dari 23 orang dengan pola tidur larut malam dan 28 orang dengan jam tidur normal. Keseluruhan peserta rata-rata berusia 30 tahun. Para peserta diminta mengenakan alat untuk menghitung tingkat tidur dan aktivitas mereka sehari-hari.

Orang dengan pola tidur larut malam, tidur rata-rata pukul 3.45 pagi dan bangun pada 10.45, sarapan saat siang, makan siang pukul 14.30, makan malam pukul 20.15, dan makan terakhir pukul 10.00 malam.

Sementara itu, orang dengan pola tidur normal rata-rata bangun pada pukul 8.00 pagi, sarapan pada 9.00, makan siang pukul 13.00, makan malam pukul 19.00, ngemil terahir pada 20.30, dan tidur pukul 00.30.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa selain jumlah kalori, waktu konsumsi makan mereka juga penting.

Cara Menghindari Tidur Larut Malam

  1. Pertahankan Jadwal Tidur Rutin
  2. Stop Makan Setelah Jam 8 Malam
  3. Jangan Main Hp
  4. Kurangi Aktifitas