Wattpad Dijual Rp 8,4 Triliun Ke Perusahaan Asal Korea Selatan “Naver”

Foto: Ditengah - CEO Wattpad, Allen Lau (Sumber: Brad Barket/Getty Images)

goodmoneyID – Aplikasi komik digital Wattpad telah mengumumkan kesepakatan untuk diakuisisi oleh Naver, konglomerat perusahaan digital asal Korea Selatan, dan rumah produksi dari Webtoon. Akuisisi ini diklaim melibatkan investasi sebesar USD600 juta, atau setara Rp8,4 triliun.

Melansir hollywoodreporter.com, setelah selesai, akuisisi ini akan menggabungkan Wattpad dan Webtoon ke dalam sebuah platform dengan audiens yang lebih luas, yakni sekitar 160 juta pengguna. Wattpad akan tetap berkantor pusat di Toronto di bawah kepemimpinan salah satu pendiri Allen Lau dan Ivan Yuen, dan dewan direksi menawarkan persetujuannya untuk pengambilalihan secara bersahabat oleh Naver yang terdaftar di publik.

Wattpad menggunakan teknologi pembelajaran mesin berbasis data untuk mengidentifikasi dan memproduksi bersama proyek YA dan remaja dengan pemain hiburan internasional, termasuk Sony Pictures Television, Universal Cable Productions, dan Entertainment One.

Aplikasi storytelling tersebut juga telah berkolaborasi dengan Mediaset, Lagardere Studios dan Huayi Brothers Korea untuk mengidentifikasi dan mengembangkan acara TV dari unggahan cerita fiksi yang dibagikan di platform penerbitan online.

Investor Wattpad termasuk raksasa Internet China Tencent Holdings, India Times Bridge, BDC, Kickstart Ventures dari Globe Telecom, Peterson Group dan Raine.

Naver’s Webtoon adalah rumah bagi properti webcomic seperti Lore Olympus oleh Rachel Smythe’s dan Webtoon Studios telah bekerja dengan The Jim Henson Company, Crunchyroll, Vertigo Entertainment, dan Bound Entertainment, studio yang dipimpin oleh Snowpiercer dan produser Okja Samuel Ha.

“Co-founder Allen Lau dan Ivan Yuen, dan seluruh tim di Wattpad, telah menciptakan sesuatu yang istimewa, dan kami bersyukur Allen dan Ivan terus memimpin perusahaan yang fantastis ini untuk kami pasca akuisisi,” terang Seong-Sook Han, CEO dari Naver, dalam sebuah pernyataan.