Agen BRILink, Percepat Inklusi Keuangan di Indonesia

Loading

GoodMoney – Bedasarkan hasil riset yang dikeluarkan oleh tim peneliti Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI). Layanan branchless banking Bank BRI yaitu Agen BRILink, terbukti telah mempercepat inklusi keuangan di Indonesia. Hasil tersebut menilai tingkat kepuasan nasabah terhadap layanan agen BRILink.

Per Agustus 2019, Bank BRI telah memiliki lebih dari 375 ribu agen BRILink di seluruh Indonesia. Menurut riset Microsave (2017) BRILink menguasai sekitar 51% pasar agen Laku Pandai di Indonesia. BRILink menyediakan layanan keuangan seperti setor, tarik, transfer, pembayaran, dan lain-lainnya, serta keuangan digital berbasis ponsel untukĀ  layanan mini ATM dengan mesin EDC dan smartphone.

Survey diikuti oleh 3.153 responden yang merupakan nasabah agen BRILink yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Dari aspek demografis, mayoritas responden berada di Pulau Jawa dengan usia rata-rata 36 tahun dan sebagian besar memiliki tingkat pendidikan lulus SMA. Responden didominasi oleh nasabah yang memiliki usaha sendiri terutama di sektor perdagangan. Rata-rata pengeluaran responden adalah Rp2.909.710. per bulan.

Mayoritas responden menyatakan bahwa sebelum melalui Agen BRILink, mereka belum pernah menggunakan layanan keuangan untuk transaksi seperti pembayaran tagihan air, pencairan bantuan sosial non tunai, pembayaran BPJS Ketenagakerjaan, premi asuransi dan cicilan pinjaman.

Jenis layanan agen BRILink yang paling banyak digunakan yaitu layanan transfer antar/sesama bank, namun untuk daerah luar Jawa paling banyak digunakan untuk setor tunai. Adapun tiga faktor yang membuat nasabah mau/bersedia menggunakan layanan BRILink adalah lokasi yang dekat dengan rumah/tempat usaha nasabah, kenal baik dengan Agen BRILink dan juga karena kepercayaan mereka dengan reputasi BRI.

Dari aspek kepuasan, mayoritas responden menyatakan puas terhadap pelayanan Agen BRILink terutama dari aspek keramahan agen, lokasi agen, dan pemahaman Agen BRILink akan produk dan jasa BRI secara keseluruhan. Agen BRILink juga dinilai lebih baik dari layanan yang menawarkan transaksi sejenis terutama dalam hal pembayaran premi asuransi, pencairan bantuan sosial non tunai, dan pembayaran BPJS kesehatan. Dengan tingkat kepuasan yang tinggi, mayoritas responden menyatakan sangat setuju untuk merekomendasikan Agen BRILink kepada orang lain.

Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto mengungkapkan bahwa Hasil riset tersebut tentu menjadi masukan berharga bagi Bank BRI, mengingat ke depan Bank BRI akan terus fokus dalam pengembangan agen BRILink sebagai wujud komitmen mendorong inklusi dan literasi keuangan di Indonesia.