Akibat Corona, Pabrik Suzuki Tutup Sementara Per 13 April 2020

booth Suzuki dalam pameran otomotif di Jakarta beberapa waktu lalu. (foto: Gio/goodmoneyID).

goodmoneyID – PT Suzuki Indomobile Motor (Suzuki) menyatakan bakal menghentikan sementara operasional produksi pabrik selama wabah pandemi Corona (Covid-19).

Seiji Itayama, President Director PT Suzuki Indomobil Motor/PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan langkah ini diambil merespon kebijakan pemerintah soal fisikal distancing untuk  mengurangi penyebaran virus ini agar tidak semakin meluas. Menurut World Health Organization, cara tersebut ampuh menekan angaka penyebaran covid-19.

“Suzuki akan menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik sebagai salah satu upaya melindungi karyawan. Saat ini yang menjadi prioritas utama kami adalah kesehatan seluruh elemen perusahaan,” kata Seiji Itayama, dalam rilis tertulis kepada goodmoneyID, Jumat (03/4).

Seiji mengatakan penghentian sementara kegiatan produksi tersebut akan berlangsung selama 2 minggu, mulai dari 13 April 2020 sampai 24 April 2020 di ketiga lokasi pabrik Suzuki, yaitu di Cakung, Tambun, dan Cikarang. Meski begitu, Suzuki tetap akan memberikan upah secara penuh kepada karyawan yang sementara tidak bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Upah pekerja akan tetap dan disesuaikan dengan ketentuan yang ada,” imbuhnya.

Namun, penghentian produksi ini tidak serta merta menutup dealer Suzuki di beberapa daerah. Dimana Kata Seiji, layanan after sales Suzuki tetap masih beroperasi/ buka.

“Karena di saat seperti ini, justru kami harus memberikan hal positif kepada masyarakat agar tetap tenang, termasuk dalam merawat kendaraan. Saya pastikan layanan after sales Suzuki akan tetap berjalan di masa yang berat ini,” kata Itayama menambahkan.

Lanjut Seiji, layanan SERA (Suzuki Emergency Roadside Assistance) pun tetap beroperasi 24 jam serta bengkel dan diler tetap buka seperti biasa. Tentu semua layanan tersebut dilakukan dengan memenuhi standar langkah pencegahan Covid-19.

Untuk itu, meski di rumah aja, pelanggan tetap bisa mengakses layanan Suzuki melalui Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800. Di Halo Suzuki, pelanggan bisa mendapatkan layanan Home Service. Tapi apabila kendaraan terpaksa harus dibawa ke bengkel, pelanggan bisa meminta layanan Pick Up Service.

Selain itu, layanan digital Suzuki juga tetap optimal melayani pelanggan seperti website www.suzuki.co.id dimana pelanggan bisa mengajukan permintaan test drive/test ride, media sosial untuk mengetahui info terbaru Suzuki, aplikasi My Suzuki untuk keperluan belanja online suku cadang kendaraan Suzuki, atau website Auto Value www.autovalue.co.id untuk
mencari mobil bekas berkualitas atau tukar tambah mobil Suzuki secara online.