APPBI: Awal New Normal, Pengunjung Mall Diprediksi 30% – 40%

Foto: Ilustrasi Pengunjung Mall (Unsplash)

goodmoneyID – Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI, Ellen Hidayat menyebut hampir 2 bulan kegiatan bisnis retailer di pusat belanja DKI mati suri. Covid-19 jadi alasanya, karena mall harus tutup mengikuti kebijakan PSBB, retailer/ tenant pun mengalami kesulitan finansial, terutama kesulitan cashflow.

Dampak Covid-19 secara langsung menimpa para karyawan yang tidak bekerja dan sudah tidak mempunyai tabungan untuk bertahan menghidupi keluarganya. Terbitnya Surat keputusan dari Menkes, rencana berakhirnya masa PSBB DKI pada tanggal 4 Juni, serta adanya himbauan dari pemerintah untuk berani dan mulai menghadapi Covid-19, maka APPBI mengambil langkah untuk kembali membuka pusat belanja di Jakarta.

“Dorongan para retailer/tenant khususnya UKM, meminta agar Mall segera dibuka. Dengan dibukanya Mall, maka akan dapat membantu menggerakkan roda perekonomian Nasional dan meningkatkan ketahanan bangsa Indonesia,” ujar Ellen, di Jakarta.

Ellen menambahkan, saat New Normal dengan banyaknya pembatasan physical distancing ,tentunya jumlah pengunjung belum akan seperti era normal sebelumnya. Proyeksinya sekitar 30% – 40% traffic pengunjung untuk awal New Normal.

Pada saat Mall dibuka kemungkinan tak 100% para tenant ikut buka kembali tokonya, sebab ada beberapa kendala, yakni kesiapan karyawan juga menjadi pertimbangan.

“Mungkin secara bertahap tenant juga akan mulai buka. Dibutuhkan juga perputaran produk bagi retailer/tenant,” imbuhnya.

New Normal diharpakan mampu mendorong bisnis pusat belanja tetap hidup ditengah pandemi. Para karyawan dapat kembali bekerja seperti semula. Dan masyarakat bisa hidup secara lebih sehat dengan keamanan kesehatan yang baik.

“Pada saat awal buka, jam operasional kami serahkan kepada para anggota yang lebih tahu marketnya , misalnya saja buka pukul 11.00 – 20.00 WIB ataupun lainnya, untuk hal ini kami serahkan kepada para pengelola mall sembari dilakukan pemantauan dari hari ke hari,” kata Ellen.

Adapun 80 pusat belanja yang tersebar di 5 wilayah DKI, yaitu Jakarta Utara, Timur, Barat , Selatan dan Pusat . Sebanyak 67 pusat belanja rencananya akan dibuka pada 5 Juni 2020, sedangkan 6 pusat belanja dibuka pada 8 Juni 2020, dan sisanya belum melaporkan kepada APPBI. Daftar Mall tersebut dapat di lihat pada berita sebelumnya di goodmoneyID.