Bank Kalsel Cabang Jakarta Sasar Penyaluran KPR Rp 50 Miliar

Kepala Divisi Kredit PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan (Bank Kalsel), Martin Jhonatan di Jakarta, (2/3). (foto: Gio/goodmoneyID).

goodmoneyID – Kepala Divisi Kredit Bank Kalsel, Martin Jhonatan, memandang ada potensi cukup besar terkait pembiayaan KPR di Jabodetabek. Untuk itu, Bank Kalsel menjalin kerjasama dengan  Repower.

Martin menyebut pihaknya tertarik bekerjasama dengan Repower sebab mereka memiliki konsep yang bagus yakni ETOD (Education, Transformation, Oriented Development), atau hunian yang dekat dengan kampus/ sekolah, dan akses transformasi.

“Konsep Repower itu bagus, ETOD. Jadi setiap propertinya dekat dengan kampus, dan akses transportasi, makanya kita tertarik untuk itu,” ujar Martin, di Jakarta, Senin (02/3).

Sebab, lanjut Martin, saat ini banyak pengusaha lokal kelas menengah atas di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang punya anak, mayoritas dari mereka menyekolahkan anaknya keluar kota, yakni di Jakarta dan Bandung.

“Kalau mereka dikuliahkan atau disekolahkan di Jakarta, maka sebagian besar dari mereka akan invest dari sisi properti apartemenya atau rumahnya, nah ini yang kita bidik,” terang Martin.

Kata Martin, target untuk konsumer khusus Bank Kalsel Cabang Jakarta di tahun ini mencapai 100 miliar. Ia berharap 50 persennya berasal dari pembiayaan KPR di Jakarta.

“Kita dalam satu tahun ini punya terget untuk konsumer sekitar 100 miliar untuk cabang Jakarta saja, dan nanti setengahnya bisa dapat dari KPR,” kata Martin.

Saat ini program KPR Bank Kalsel dan Repower akan membangun hunian di wilayah Tanah Baru Depok, yakni Botanical Puri Asri dengan total unit hingga 75. Selain itu, apartemen di wilayah Tangerang Selatan. Ia menambahkan selama ini produk dari Repower itu dekat dengan kampus pihaknya akan invest kesana.

Martin mengungkap bahwa ini merupakan pertama kalinya Bank Kalsel Cabang Jakarta, melirik pembiayaan KPR, sebelumnya Bank Kalsel di Jakarta hanya fokus di kredit dan korporasi.

“Selain melihat minat dari pengusaha lokal yang butuh hunian di Jakarta, kami juga ingin mengembangkan bisnis KPR di cabang kita Jakarta. Otomatis jika mau buka KPR kita harus kerjasama dengan pengembang, ini bagian dari bentuk strategi kita supaya target Bank Kalsel di jakarta bisa tercapai,” tambah Martin.

Mengenai acuan bunga, Martin menyebut, cukup kompetitif dengan bank lain. “Kita ada produk fix bunga 11 persen selama satu tahun, selanjutnya akan mengikuti bunga di pasar,” tambahnya.

Untuk menarik pembeli dari daerah Kalsel, Bank Kalsel bakal mengadakan promo-promo seperti gratis menginap di Jakarta buat nasabah yang ingin melihat hunian secara langsung. Untuk nasabah di Jakarta pihaknya akan siapkan promosi yang berbeda dengan menawarkan paket hadiah elektronik dan lainnya.