BRI Gelar BRIlian Preneur 2019 UMKM Export

(tengah): Catur Budi Harto, Wakil Dirut BRI, (paling kanan): Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI

goodmoneyID – Sebagai wujud kontribusi Bank BRI terhadap pemberdayaan UMKM, bank BUMN terbesar ini menggelar “BRILian Preneur 2019 UMKM Export”. Acara ini akan diselenggarakan pada 20-22 Desember 2019 di Assembly Hall JCC, Jakarta dan diikuti oleh 150 UMKM binaan Bank BRI dan Rumah Kreatif BUMN (RKB).

Wakil Direktur Utama Bank BRI Catur Budi Harto menyebutkan bahwa event tersebut bertujuan mendorong peningkatan kapasitas usaha UMKM Indonesia sehingga mampu bersaing secara global. Selain itu, membuka peluang penetrasi pasar intermasional yang lebih luas melalui ekspor serta mendorong rasa bangga bagi nasabah Bank BRI.

“Ini juga sekaligus respons Bank BRI terhadap arahan Presiden yang menginginkan terobosan dan inovasi terhadap upaya pemberdayaan UMKM di Indonesia,” terang Catur pada Press Conference BRIlian Preneur di Kantor Pusat BRI, Jakarta.

Tujuan utama event ini mempertemukan pengusaha UMKM dengan pembeli potensial dari luar negeri dan peningkatan kapasitas dan kualitas pengusaha UMKM untuk berorientasi ekspor melalui kegiatan business matching, coaching clinic dan seminar/talk show. Hadirnya pembeli dari luar negeri diharapkan akan semakin membuka akses produk UMKM Indonesia ke mancanegara.

Sementara itu Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Handayani menyebut, untuk saat ini tercatat ada 72 pembeli potensial yang datang dari 16 Negara dari Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Australia.

“Ada 72 buyer yang  akan hadir dan beberapa sudah memilih untuk bertemu dan melakukan business dengan masing – masing UMKM.  Kita set produknya kemudian buyer itu menyampaikan intention untuk ketemu UMKM yang mana saja nanti dari situ ada proses,” terang Handayani.

BRIlian Preneur 2019 memiliki konsep pameran dengan menampilkan hasil produk UMKM binaan Bank BRI. Selain itu, Bank BRI juga menyuguhkan acara talkshow, konsultasi seputar bisnis serta coaching clinic terkait branding & packaging, perizinan ekspor, hingga perizinan sertifikasi halal.