BRI Kesampingkan Opsi Akuisisi Tahun Ini

Sunarso, Direktur Utama BRI saat diwawancarai wartawan di Jakarta. (foto: Gio/goodmoneyID).

goodmoneyID –  Di tengah maraknya akuisisi bank-bank kecil oleh beberapa bank besar di Indonesia belakangan ini, tidak membuat Bank BRI latah.

Direktur Utama Bank BRI, Sunarso, mengatakan pada tahun ini Bank BRI belum ada rencana untuk melakukan akuisisi terhadap bank-bank yang lebih kecil.

“Rasanya kami telah memiliki semua  jenis perusahaan keuangan, kami hanya akan fokus menambah modal beberapa anak perusahaan. Jadi belum ada langkah akuisisi atau sejenisnya,”  tukas Sunarso di Jakarta.

Seperti diketahui bank jumbo seperti Bank BCA baru saja mengakuisisi Bank Royal senilai Rp988 miliar. Selain itu, Bank BNI pun telah mengutarakan niatnya untuk mengakusisi bank mini lainnya.

Strategi akuisisi sejauh ini dinilai jitu untuk menumbuhkan usaha secara anorganik. Langkah ini juga sejalan dengan dorongan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang di pengujung tahun lalu telah menerbitkan regulasi terkait hal tersebut.

Sunarso menambahkan saat ini Bank BRI fokus pada keberadaan anak perusahaannya sendiri. Dimana di tahun 2020 bakal siapkan model bisnis yang lebih produktif agar anak perusahaan BRI bisa terus tumbuh.

“Tahun 2020 kami fokus untuk menyehatkan anak perusahaan kami, dengan menyiapkan modal yang cukup agar perusahaan anak bisa tumbuh,” pungkas Sunarso.