Di Tengah Covid-19, Astra Life Maksimalkan Layanan dan Pemasaran Online

Loading

goodmoneyID – Pertumbuhan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang terus bertambah membuat diberlakukannya pembatasan pergerakan manusia untuk mengurangi pertambahan angkanya. Dampak pandemi ini juga sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi.

Dalam waktu singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika mulai diberlakukan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Astra Life menanggapi dampak tersebut melalui pemaksimalan layanan dan pemasaran alternatif berbasis digital.

Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi mengatakan bahwa pihaknya menyadari pemberlakuan physical distancing memberikan pengaruh besar dalam tren perilaku belanja konsumen, bahkan diprediksi perubahan perilaku ini akan bertahan hingga setelah masa pandemi berakhir dan menjadi new normal.

“Masa pandemi ini justru memacu kami untuk semakin cepat beradaptasi melalu  berbagai inovasi. Kami telah menerapkan prinsip agile  untuk memacu inovasi dan mengoptimalkan digitalisasi yang sudah menjadi fondasi strategis perusahaan sejak awal berdiri. Pelayanan dan pemasaran produk dilakukan secara online”, ujar Windawati.

Bertemu dengan calon nasabah secara tatap muka sebelum periode pandemic corona merupakan aktivitas yang lumrah dalam proses penjualan asuransi. Namun dengan adanya keharusan untuk melakukan #physicaldistancing pada periode saat ini tentunya sangat mempengaruhi aktivitas pemasaran produk asuransi.

Untuk jalur distribusi berbasis tatap muka, Astra Life memiliki alat penjualan digital serta memanfaatkan teknogi untuk pertemuan secara online. Calon nasabah nantinya dapat memperoleh penjelasan mengenai manfaat produk melalui sambungan telepon yang direkam dan untuk selanjutnya, nasabah akan diarahkan untuk melengkapi pengisian data pribadi yang dibutuhkan, persetujuan pembelian produk asuransi, foto kartu identitas serta melakukan pembayaran secara online.

Selain itu, Astra Life juga melakukan pemasaran secara online melalui laman ilovelife.co.id, e-commerce milik Astra Life yang cukup dikenal masyarakat dengan produk unggulan Flexi Life. Calon nasabah tetap dapat melakukan pembelian produk layaknya belanja online dengan batasan uang pertanggungan  hingga Rp5 milyar melalui produk asuransi jiwa dan penyakit kritis. Calon nasabah dapat dengan fleksibel mengatur sendiri besar perlindungan, frekuensi dan metode pembayaran, cek harga premi dan dapat dibeli tanpa cek medis.

Windawati menambahkan, selaras dengan visi Astra Life untuk hadir di setiap rumah orang Indonesia, Astra Life in every home, Astra Life terus memperkuat infrastruktur, produk dan jalur distribusi berbasis digital dengan membawa pengalaman berasuransi Digital end to end. Digital end to end yang dibangun oleh Astra Life meliputi product suitability, e-Quotation, e-Submission, e-Payment, e-Policy, dan e-Claim, yang tersedia baik di kanal distribusi digital milik Astra Life , maupun untuk rekan bisnis dengan teknologi API.

“Digital end to end yang Astra Life miliki memampukan Astra Life untuk beradaptasi di masa pandemi ini dengan terus mengembangkan berbagai jalur distribusi berbasis digital,” tutup Windawati.