Diserang Corona, HIPPINDO Pastikan Stok Barang di Supermarket Aman

ilustrasi belanja di supermarket. (foto: shutterstock).

Loading

goodmoneyID  – Menyusul berita yang disampaikan Presiden bahwa dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona, terjadi kepanikan di tengah masyarakat. Di beberapa tempat, orang memborong berbagai keperluan seperti sembako.

Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum HIPPINDO (Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan  Indonesia) menghimbau agar masyarakat tidak melakukan panic buying dan membeli kebutuhan secukupnya saja. Persediaan barang di supermarket masih cukup penuhi kebutuhan masyarakat.

“Persediaan barang pada  gerai anggota kami cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan kami telah  berkoordinasi dengan asosiasi produsen dan supplier distributor untuk memastikan persediaan guna mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat,” ujar Budihardjo, di Jakarta, (2/3).

Diketahui barang yang paling banyak di buru di toko swalayan atau supermarket, yakni, masker, hand sanitaizer, bahan makanan, obat obatan, dan multi vitamin.

Sementara itu Dewan Penasihat HIPPINDO, Tutum Rahanta mengklaim meskipun ada lonjakan pembeli di beberapa gerai supermarket di Jakarta, persediaan barang saat ini masih aman.

“Walaupun ada lonjakan pembelian stok masih cukup,” terang Tutum.

Sama seperti Budiharjo, Turum juga woro-woro supaya masyarakat jangan melakukan panic buying, sebab dampaknya akan membuat pembeli lain semakin sulit mendapatkan barang yang mereka inginkan. Sebab pengelola ritel belum sempat menyetok barang dari gudang kedalam toko ritel tersebut.

Seperti diketahui, HIPPINDO merupakan wadah bergabungnya ritel offline yang merupakan industri padat karya dengan toko tersebar di Pusat Perbelanjaan/Mal, Ruko, Apartemen, Bandara, Stasiun, Pelabuhan, Rest Area, SPBU, Perkantoran dan Commercial Area lainnya.

Saat ini beranggotakan 240 perusahaan, dan lebih dari 500 brand dengan sebaran outlet 50.000. Memiliki konsep bisnis yang menyeluruh: F&B, Restaurant, Café Fashion, Handbags & Shoes, Jewelry, watches, Hair & Beauty, Electronics, IT & Gadgets, Optical, Wedding, Art crafts& Antiques, Hobbies, Collectible&Gifts, Dept. Store, Supermarket, Hypermarket, Books& Stationery, Health & Pharmacy, Sport& Lifestyle, Home& Furnishing, Entertainment& Cinema, Playground.