Dongkrak Potensi Wirausaha dan Pulihkan Ekonomi UMKM, Kuningan Creative Digelar

Foto: Relawan UMKM Sahabat Sandi Uno berkolaborasi dengan Kuningan Creative memberikan kelas pelatihan ke berbagai daerah di Indonesia.

goodmoneyID – Bertempat di Al Kenzie Mayang Catering tanggal 17 September 2022 Kuningan Creative resmi diluncurkan. Acara ini berisi pelatihan usaha yang diikuti oleh 500 lebih pelaku umkm dan pelaku usaha ekonomi kreatif di Kuningan. Hal ini dilakukan untuk membangkitkan perekonomian nasional, dan meningkatkan keahlian masyarakat untuk berwirausaha.

Foto: Direktur Kuningan Creative, Hestya Hemawaty

Founder dan CEO Kuningan Creative Hestya mengatakan Kuningan Creative lahir dari kumpulan mentor wirausaha yang ingin memberi perhatian kepada pelaku umkm dan ekonmi kreatif di Kuningan. para mentor ini sudah sejak 2017 fokus mementori pelaku usaha.

“Awalnya kita itu kumpulan mentor wirausaha, yang bergerak sejak tahun 2017 mementori pelaku umkm. Kita ingin meluas, bukan hanya UMKM, jadi kita di Kuningan Creative ini menggaet pelaku ekonomi kreatif juga, agar mereka naik level dan dapat terus berinovasi,” ungkap Hestya.

Tujuan diadakan kuningan creative ini adalah pertama ingin mempromosikan produk dan usaha para pelaku UMKM dan pelaku ekonomi kreatif, kedua memberikan ide dan wawasan serta pemahanam kepada para pelaku UMKM dan pelaku ekonomi kreatif serta umum.

Adapun pelatihan di acara kuningan creative salah satunya yakni mie hijau diikuti oleh 300 peserta dan barista diikuti oleh 100 peserta.  Sebab mie dan kopi menjadi daya tarik nilai jual untuk menciptakan produk yang unik.

Foto: Pelaku UMKM Peserta Kuningan Creative (Sumber: Kuningan Creative)

Selain pelatihan, di peluncuran kuningan creative juga terdapat lomba photo produk umkm dan ekonomi kreatif oleh para potografer.

“jadi ini semacam simbiosis mutualisme dari fotografer untuk pelaku umkm, supaya mereka mempunyai foto prpduk yang bagus, dan photographer bisa mendapat hadiah dan penghargaan dari kita,” ungkap Hestya.

Foto: PelakuEkonomi kreatif Kuningan Creative (Sumber: Kuningan Creative)

Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari pemda Kuningan, Dinas Kopdagperin, Dinas Porapar, JNE, BPJS Ketenagakerjaan, Gudang Garam, Indosat, Yayasan Indonesia Setara (Sahabat Sandi Uno), Bank Kuningan, Universitas Kuningan, Kiocha, Roemah Promosi Indonesia, Mayang catering, Genx Model, Yayasan Mega Citra Kreasi, Mokopi, dan Gcraft.