FWD Life Berdayakan Penyandang Disabilitas

Keterangan Foto: Chief of Technology and Operation FWD Life, Carol Mary Quertier (baris kedua, dua dari kiri); Chief Human Resources Officer FWD Life, Rudy Franto Manik (baris kedua, empat dari kiri); dan National Chief Agency Officer FWD Life, Adi Chandra (baris kedua, lima dari kiri) yang sedang berkumpul dengan para atlet SOIna dan tiga karyawan tunarungu.

goodmoneyID – FWD Group (FWD) terus menunjukkan komitmennya untuk mendorong penyandang disabilitas dalam menciptakan rasa aman dan kemandirian. FWD fokus menciptakan perubahan positif dan mengadvokasi peluang yang sama untuk masyarakat kurang beruntung khususnya para penyandang disabilitas dengan menyediakan kesempatan mendapatkan edukasi, lapangan pekerjaan, dan literasi keuangan.

PT FWD Life Indonesia (FWD Life) menjalankan komitmen ini melalui kerja sama dengan organisasi seperti Special Olympics Indonesia (SOIna), sebuah gerakan inklusi global melalui program olahraga, kesehatan, edukasi, dan kepemimpinan untuk memberdayakan dan mengakhiri diskriminasi atas para penyandang disabilitas, dan Humanity & Inclusion (H&I). Berfokus pada masyarakat dengan kemiskinan dan eksklusi, konflik dan bencana, untuk menciptakan masyarakat inklusif dan memberikan masa depan yang lebih baik bagi setiap orang.

Terdapat 370 juta penyandang disabilitas di Asia dan 80% di antaranya memiliki peluang lebih kecil mendapatkan pekerjaan dibandingkan orang lain. Untuk memenuhi kebutuhan ini, FWD Life berusaha membantu para penyandang disabilitas untuk mendapatkan peluang yang sama dan dapat hidup mandiri. Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDG) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa. FWD Life ingin berperan aktif dalam membantu mencapai SDG terutama Tujuan 8 dengan “Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi” dan Tujuan 10 dengan “Berkurangnya Kesenjangan”.

Direktur Utama FWD Life, Anantharaman Sridharan mengatakan pihaknya percaya pentingnya berkontribusi kepada masyarakat dan membantu membuat perubahan bagi komunitas melalui kerja sama yang dapat memberdayakan para penyandang disabilitas di Indonesia.

“Kami fokus pada komunitas ini karena melihat banyaknya talenta berkualitas yang kurang memiliki peluang, padahal, mereka memiliki kemampuan, cara pandang, dan keahlian yang baik. Kami ingin mereka menjalani hidup dengan baik, oleh karena itu kami juga memberikan pembelajaran literasi keuangan. Kerja sama kami dengan SOIna dan H&I hanyalah sebuah awal. Kami berharap dapat melihat mereka berkembang, seperti halnya kami sebagai perusahaan,” tambah Anantharaman dalam rilisnya kepada goodmoneyID.

Pada 2018, FWD Life secara resmi bekerja sama dengan SOIna selama tiga tahun dengan mensponsori dua program utama SOIna, yaitu Unified Schools dan Athlete Leadership. Hingga saat ini, kerja sama ini telah menjangkau 200 atlet SOIna melalui rangkaian roadshow di berbagai kota di Indonesia. Dalam roadshow ini, FWD Life memberikan literasi keuangan kepada para atlet dan mendorong mereka agar lebih percaya diri, mandiri, dan aktif secara profesional.

Sedangkan tahun lalu, FWD Life dengan bangga menyambut tiga tuna rungu sebagai karyawan FWD Life hasil kerja sama dengan H&I yang bertujuan untuk memberdayakan berbagai tipe dan lebih banyak penyandang disabilitas, baik disabilitas fisik maupun intelektual.

Gerakan inklusif ini menunjukkan fokus FWD Life untuk menjadi perusahaan “inclusive-ready”, termasuk mengedukasi para karyawan tentang peran mereka dalam menyambut dan membuat lingkungan kondusif dan inklusif bagi para penyandang disabilitas.