Genjot UMKM Lokal, Bukalapak Gaet 5 Juta Pelapak Dukung Gerakan #BanggaBuatanIndonesia

Foto : Ressy Chandra, pelapak Bukalapak asal Yogyakarta, berjualan sabuk bonceng anak.

goodmoneyID – Untuk mendukung Gerakan Nasional #BanggaBuatanindonesia yang diluncurkan Pemerintah pada 14 Mel yang lalu. Bukalapak meluncurkan halaman khusus yang didedikasikan untuk gerakan ini. Gerakan Nasional #BanggaBuatanindonesia dirasakan sangat sejalan dengan komitmen Bukalapak untuk memajukan UMKM serta menuju ekonomi yang adil untuk semua.

Di laman khusus tersebut, Bukalapak mengkurasi berbagai produk UMKM dari berbagai kategori supaya mudah ditemukan oleh pengguna serta menmberikan insentif diskon dan gratis ongkir. Selain itu, Bukalapak juga mempunyai Akademi Çuan dari Komunites Bukalapak untuk membantu para Pelepak baru belajar berjualan online. dan mengembangkan usahanya.

Presiden Joko Widodo meminta seluruh lapisan (meliputi lembaga pemerintah, bisnis, organisasi, nirlaba. dan individu) untuk mempergunakan semua sumber daya yang kita miliki untuk berjuang bersama.  Upaya pemberantasan COVID-19 dan pemulihan perékonomian Indonesia tidak semata mata ada di tangan pemerintah saja, melainkan melibatkan seluruh rakyat Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, melalui semangat kebersamaan dalam mendorong ekonomi indonesia, kita mengharapkan keikutsertaan seluruh masyarakat Indonesia untuk mendukung gerakan ini, dengan bersama – sama menghargai. membeli, dan menggunakan produk – produk Tanah Air dengan Bukalapak dan para pelaku bisnis e-commerce lainnya.

“Pemerintah juga mengingatkan bahwa potensi industri digital ini sampai tahun 2025 adalah USD 82 miliar. Sehingga dengan pandemi Covid-19 ini, salah satu yang bisa memudahkan orang berusaha dalam keadaan normal baru adalah dengan menggunakan digital platform” ujar Airlangga dalam keterangan resmi Bukalapak, Selasa (19/5).

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin menjelaskan, Sejak didirikan, Bukalapak berkomitmen untuk memajukan UMKM di Indonesia. Dan mengajak semua pengguna dan pelapak untuk  bersama-sama membangun perekonomian yang adil untuk semua dengan cara menghargai, membeli dan menggunakan produk – produk buatan anak bangsa Indonesia.

Tante Ressy salah satu pelapak Bukalapak berbagi pengalamannya, ia mengatakan di situasi sulit seperti ini, kita harus cepat tanggap dan tetap produktif untuk beradaptasi dengan situasi.

“Dengan adanya gerakan #BanggaBuatanindonesia kami para pelapak merasa sangat didukung sekaligus dapat memanfaatkan gerakan ini untuk terus menghidupkan UMKM yang selamaini menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia,” tutup Ressy.