Gojek Xcelerate Batch 3 Kembangkan 9 Startup Anak Bangsa

Kiri-Kanan: Managing Director Digitaraya, Nicole Yap, Chief Marketing Officer Gojek, Ainul Yaqin, Executive Director UBS Indonesia, Riaz Hyder. (foto:Gio/goodmoneyID).

goodmoneyID – Program akselerator startup Gojek Acelerate kembali dilangsungkan untuk Batch 3 yang berfokus pada inovasi kebutuhan keseharian konsumen. 9 startup Indonesia terbaik mendapatkan pelatihan dari Gojek dan pemimpin industri teknologi lainnya.

Gojek Xcelerate hadir sebagai wujud komitmen Gojek mengembangkan industri startup Indonesia. Gojek bakal melakukan pelatihan berbasis kurikulum dari Gojek dan partner global lainnya, yaitu McKinsey & Co, UBS Bank, dan Google Developers Launchpad.

Chief Marketing Officer Gojek, Ainul Yaqin mengatakan, “Dalam perkembangan sebuah startup, penting untuk para founder menemukan cara yang paling efektif dan efisien dalam mengembangkan produk mereka, salah satu caranya adalah menggunakan growth hacking. Metode ini mirip dengan disiplin marketing, dimana kita selalu mengupayakan cara memasarkan produk dan jasa yang paling sesuai dengan target konsumen kita, bahkan sampai level individu,” ujar Ainul Yaqin di Jakarta, Jumat (14/2).

Dalam growth-hacking, startup menganalisa data perilaku konsumen untuk mencari solusi yang pasti bagi konsumen. Ini penting untuk membantu percepatan pertumbuhan serta keberlangsungan bisnis.

Kesembilan startup anak bangsa yang berkesempatan untuk belajar langsung dari Gojek dan perusahaan global lainnya di Gojek Xcelerate batch 3 diantaranya marketplace penyewaan mainan dan perlengkapan bayi, Gigel.id; produk kosmetik dan perawatan tubuh, Callista; serta startup penyedia perangkat pintar pendukung aktivitas sehari-hari, Sugar Technology.

Pada sesi demo day yang digelar hari ini, para startup mempresentasikan model bisnis mereka di hadapan calon investor asal Indonesia dan global Venture Capital dan partner lainnya. Melalui kesempatan ini, Gojek Xcelerate membuka akses yang luas kepada para startup untuk mendapatkan dukungan bagi bisnisnya, termasuk kesempatan untuk bisa terintegrasi ke dalam platform dan ekosistem Gojek.

Berkolaborasi dengan Digitaraya dan partner kelas dunia lainnya, Gojek Xcelerate Batch 3 berbagi insight yang dibutuhkan startup untuk memastikan produk yang ditawarkan menjawab kebutuhan konsumen. Materi yang diajarkan, diantaranya “Growth Experimentation 101” atau eksperimentasi untuk meningkatkan penggunaan produk/jasa melalui uji hipotesis yang berasal dari data perilaku pengguna; “Supercharge your Products with Web Apps” atau pengembangan platform digital melalui framework yang lebih cepat dikembangkan dan dapat digunakan di berbagai kanal digital, serta”Building High Impact Learning Culture” atau strategi membangun budaya perusahaan yang efek dengan pengembangan cara berpikir karyawan.