Intip Jenis dan Harga Sepeda Lipat Brompton

salah satu jenis sepeda Brompton

goodmoneyID – Olahraga sepeda tengah digandrungi oleh masyarakat urban, termasuk di Jakarta. Ada banyak jenis sepeda salah satunya sepada lipat (seli) Brompton. Seri terbarunya yaitu Brompton Explore, diketahui harga pasarnya di Indonesia dikisaran Rp50 juta – Rp53 juta per unit.

Brompton Explore dirancang untuk touring jarak jauh. Makanya sudah memiliki tas besar tersendiri. Sasaran pengguna brompton explorer adalah para petualang. Seli Brompton ini awalnya diperuntukkan oleh petinggi di kerajaan Inggris. Penciptanya adalah Andrew Ritchie. Seli Brompton diproduksi pada tahun 1981 di kota Brentford, Inggris.

Seiring berjalannya waktu kini fungsi sepeda lipat tidak hanya digunakan untuk berolahraga, tetapi kerap digunakan untuk menuju tempat kerja (bike to work). Apa saja sih jenis dan type Seli Brompton yang saat ini digandrungi masyarakat urban, ini dia 8 jenis Brompton terbaru beserta perkiraan harganya

  1. Brompton Explorer

Seli Brompton type Explorer ini snegaja di ciptakan untuk biker yang suka petualangan dan memang disiapkan untuk perjalanan panjang berbeda dengan tipe lainya yang diperuntukan untuk jalanan di perkotaan..

Seli ini menggunakan stang tipe M Brompton, Tipe M adalah stang pertama dan asli Brompton. Dengan speed 6 gigi memudahkan biker untuk mengayuh di medan yang menanjak.   Dengan lipatan yang mudah, Seli ini dirancang untuk pas dibawa kemana-mana baik di letakan di kursi, atau di dalam bagasi.

  1. Brompton Royal Wedding Edition 2011

Sepeda ini dibuat terbatas hanya 300 unit untuk memperingati pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Didesain dengan warna sake white, dilengkapi dengan S bag bergambar mahkota dan sadel Brooks B17 special copper rail. Harga Seli ini berkisar 30 – 40 juta rupiah.

  1. Brompton Vic Lee Edition 2012

Didesain oleh Vic Lee seorang illustrator asal Clerkenwell, London. Seli ini dijual di Indonesia seharga 55 juta rupiah. Grafis putih hasil karya tangan Vic terukir di atas frame hitam glossy. Sepeda ini digunakan sebagai salah satu hadiah even Brompton World Championship 2011. Tapi karena banyaknya permintaan, akhirnya Brompton besama Vic Lee membuat limited edition 500 unit saja.

  1. Brompton Jubilee 2012

Masih di tahun yang sama, untuk memperingati tahun ke 60 Ratu Elizabeth II bertahta di kerajaan Inggris, Brompton merilis seri Jubilee yang dibuat 500 unit saja. Seli ini dihargai senilai Rp46 jutaan. Paduan warna putih, biru dan merah. Dilengkapi tas S bag begambar bendera Inggris Union Jack karya Katie Barton.

  1. Brompton Barcelona 2013

David Torrent menjadi desainer yang melukiskan kota Barcelona di tubuh Brompton. Warna yang dipilih dengan dasar biru dipadu dengan orange pada mudguard dan sadel. Harga sepeda ini mencapai 28 – 30an juta rupiah. Untuk disain flap S bag, David terinspirasi oleh pattern dan street art yang biasa ditemui di sepanjang jalan dan dinding kota Barcelona.

  1. Brompton Brown Special Edition

Berkolaborasi dengan Line Friend terciptalah edisi terbatas Brown edition yang berwarna coklat. Sepeda yg dibuat hanya 50 unit untuk seluruh dunia ini dilengkapi dengan sadel Brooks B17 dan tas sadel yang semua bergambar tokoh Brown. Tidak lupa boneka Brown pun duduk manis di setang. Harga Seli Brompton yang satu ini juga cukup famtastis yaitu mencapai Rp85 juta sampai Rp 90an juta.

  1. Brompton Sally Special Edition

Dengan dasar warna kuning dan orange di headtube menambah manis penampilan Sally. Kali ini brompton menambahkan S bag dengan gambar wajah lucu Sally sama seperti Brown, boneka Sally juga duduk manis di setang. Harga Se;I Brompton Sally Spescial ini seharga 60 juta rupiah.

  1. Brompton x CHPT3

David Millar adalah seorang mantan pembalap dari Inggris dan pemenang salah satu etape Tour de France. David hanya menggunakan sepedanya saat latihan dan saat lomba. Dia sangat jarang menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Setelah pertemuannya dengan Will Butler-Adams, David setuju untuk berkeliling Londondan kota lainnya dengan Brompton. Akhirnya dia memodifikasi sepeda tersebut untuk berlomba dalam Brompton World Championship pada tahun 2015. Harga Seli X CHPT3 dikisaran 76 juta hingga 80 juta rupiah.

  1. Brompton x Barbour

Untuk jenis ini Brompton berkolaborasi dengan merek fashion dunia, Barbour. Dengan mengeluarkan sepeda edisi terbatas dan produk fashion untuk urban cycling. Barbour mengeluarkan produknya berupa jaket dan tas warna hijau gelap senada dengan warna sepeda. Harganya masih sama dengna Seli Brompton yang lainya, yaitu 50 juta Rupiah.