IPEMI Gelar Anugerah Perempuan Inspirasi 2022, Dan Luncurkan Buku 62 Tokoh Inspiratif

goodmoneyID –  Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) bekerja sama dengan Majalah IPEMI menggelar Anugerah Penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia (PII) 2022, sebagai bentuk apresiasi IPEMI kepada perempuan-perempuan hebat dan luar biasa yang mampu menginspirasi perempuan lainnya. Perhelatan Anugerah PII yang ketiga kalinya ini akan berlangsung di Auditorium Garuda, Kementerian Perindustrian RI, Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Para tokoh penerima penghargaan tersebut dirangkum kisah hidupnya dalam buku yang berjudul Perempuan Inspirasi Indonesia 2022, yang diluncurkan bersamaan dengan acara Anugerah PII.

Ada 62 tokoh perempuan dari berbagai kalangan yang menerima Anugerah PII dan ditulis dalam buku tersebut. Mereka diantaranya berasal dari entrepreneur, pendidik, anggota Dewan Legislatif, artis, hingga para profesional lainnya. Mereka terpilih setelah melalui riset dan seleksi yang ketat dari IPEMI dan Majalah IPEMI serta masukan dari berbagai tokoh.

Dalam penyelenggaraan Anugerah PII 2022 ini, IPEMI dan Majalah IPEMI berkolaborasi dengan Pemprov. Jawa Tengah yang akan menonjolkan sisi keunikan dan kebudayaan yang dimiliki oleh daerah tersebut. Tagline yang diusung pada PII kali ini adalah Muslimah Kuat Indonesia Hebat, Muslimah Hebat Indonesia Jaya.

“Perempuan hebat tak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga atau sebagai perempuan karir saja, tapi juga harus bisa menjadi panutan atau sosok yang bisa menginspirasi orang lain, baik laki-laki maupun perempuan. Lewat buku ini, kita dipertemukan oleh beragam figur perempuan politisi, aktivis, seniman, ahli kecantikan, pekerja, karyawan, hingga pelaku UMKM sebagai penerima Penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia 2022,” kata Ingrid Kansil, S.Sos., Ketua Umum Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia, dalam sambutannya.

Menurut Ketum IPEMI, banyak upaya, inisiatif, gagasan dan aksi yang sudah dilakukan oleh para perempuan baik di tingkat nasional hingga global dengan cara apa pun dan dalam bentuk apa pun.

Semua aksi-aksi cerdas yang dilakukan akan menjadi penguat semangat untuk terus memberdayakan menebarkan semangat dan menebar manfaat bagi kehidupan yang lebih baik, serta menjadi contoh dan teladan bagi generasi masa depan bangsa.

Beberapa nama perempuan yang memperoleh Anugerah PII 2022 ini, antara lain Hj. Nawal Nur Arafah, Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos., Mieke Ismail, S.Sos., Prof. Dr. Ir. Wiendu Nuryanti, M.Arch, Ph.D., Hj. Hanna Gayatri, S.H., Emma Sri Martini, Wiwi Alawiyah Alatas, Renzy Kansil, Hesnidar Haris, S.E. dan Dinna Windiasari, S.Si., Apt, M.M.

Tokoh yang ditulis dalam buku ini adalah mereka yang berprestasi dan berhasil dalam membangun karir ataupun bisnisnya. Selain itu, mereka juga memberikan kontribusi signifikan baik kepada lembaga yang dipimpinnya maupun masyarakat secara umum. Karena itu prestasi dan keberhasilan mereka pantas menjadi inspirasi untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Nurwahidah Saleh, Sekjen IPEMI yang juga Pemred Majalah IPEMI, menambahkan bahwa perempuan-perempuan hebat dan inspiratif di Indonesia tersebar di berbagai daerah hingga ke pelosok negeri.

Banyak di antara mereka semakin berani membuktikan diri melalui pencapaian prestasi dan meraih kesuksesan, kiprah dan sepak terjangnya mampu menginspirasi orang lain.

IPEMI yang merupakan organisasi Pengusaha Muslimah terbesar di Indonesia, merasa perlu untuk memberi penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas prestasi, karya, dan dedikasi para perempuan tersebut dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara, minimal di lingkungan terkecil keluarga dan lingkungan di sekitarnya.

“Sekaligus menghimpun perempuan-perempuan hebat dan menginspirasi ini dalam satu buku yang bisa dibaca dan dijadikan panutan oleh anak keturunannya dan juga generasi penerus bangsa,” ujar Sekjen IPEMI.

Pada acara yang berlangsung pagi hari ini akan dihadiri oleh Wakil Ketua MPR RI Ibu Dr. Lestari Moerdijat, S.S., M.M., dan Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen.

Kegiatan Anugerah Penghargaan PII 2022 ini juga dimeriahkan dengan pameran yang menampilkan berbagai produk fashion, kuliner dan craft dari Provinsi Jawa Tengah dan IPEMI Pusat. Juga ada berbagai pelatihan dan talkshow.

Tema yang diangkat adalah Perempuan Tangguh. Jateng Gayeng, Indonesia Maju. Ada puluhan booth yang disiapkan selama tiga hari (7-9 Desember 2022) di Plaza Pameran, Lantai Dasar, Kemenperin.