Lima Pelajaran Bisnis Penting Dari Drakor Start-Up

Foto: Poster Film Startup (Dok Netflix)

goodmoneyID – Drama Korea (Drakor) kini tak melulu soal percintaan, di tahun 2019 dan 2020 muncul berbagi drakor dengan tema bisnis tentang membangun usaha, sebut saja drama seperti Iteawon class, Search WWW, dan Chief Kim, yang menonjolkan perjuangan para pemainya meraih mimpi dalam mengembangkan suatu bisnis usaha.

Kini terbaru muncul drakor berjudul Start-up, diperankan oleh sederet pemain kelas atas, seperti Be Suzy, Nam Joo Hyuk, Kim Seon Ho, dan Kang Ha Na Drama ini sukses dan tiap episodenya selalu di nanti pecinta drakor tanah air, bahkan selalu menjadi tranding topic pembicaraan di twitter.

Dari awal episode hingga kini sudah mencapai episode ke 12, Startup selalu menyuguhkan cerita yang selalu menginspirasi dan dapat kita petik untuk jadi pelajaran hidup, khususnya semangat untuk terus meraih sukses.

Selain itu banyak pula istilah-istilah umum yang digunakan pada dunia bisnis dan investasi seperti angle investor, round investor dan cold mail juga ditampilkan untuk menambah wawasan para penikmat drama.

Inilah Sederet pelajaran penting yang harus kamu tiru dari drama Start-up

  1. Cerdas Melihat Peluang Seperti Han Jip Yeong

Han Jip Yeong, seorang anak SMA Yang menang lomba simulasi investasi saham, dirinya sudah melek investasi saham sedari muda. Dalam menginvestasikan sahamnya ia dikenal sangat hati hati, harus da proposal perusahaan rintisan yang jelas dan dapat mengasilkan income bagi perusahaannya.

Bahkan dikatakan tidak ada perusahaan yang tak berhasil ketika sudah di invest oleh Han Jip Yoeng. Dalam memulai bisnis kemampuan melihat peluang serta kelihaian dalam mengeksekusi merupakan dua hal yang harus berjalan beriringan.

Jangan kamu ambil peluang ide bisnis yang sedang tren saja, tapi rencanakan bisnis jangka panjang, agar usaha mu bisa tetap sustain. Sebab bisnis yang mengikuti tren umurnya tak lama, sebab akan akan tren baru yang menutupnya.

2. Rancan Business Plan Yang Realistis, Jangan Kayak Nam Dosan

Samsan Tech Yang dimiliki Nam Dosan, dan dua temanya yakni Chul san & Yong San. Sudah tiga tahun berdiri namun tak ada kemajuan, bahkan terancam bangrut karena kehabisan modal.

Hal ini dikarenakan mereka tak membuat business plan yang realistis sesuai keadaan kini dan masa depan. Mereka hanya mengandalkan kecerdasan masing masing grub tentang AI (Artificial Intelegent) yang mereka kembangkan.

Namun buat investor, keuntungan/ penghasilan suatu perusahaan bisa jadi faktor sangat penting untuk dilihat. Bila kamu ahli dalam kerjaanmu, tapi tak bisa mengelola dapurnya sama saja sulit usaha itu untuk berkembang.

3. Berani Keluar Dari Zona Nyaman Dan Cari Ide Bisnis Yang Fresh

Seperti ayah Seo Dal-mi (Bae Suzy), dikisahkan bahwa ayahnya Seo Dalmi adalah karyawan di sebuah perusahaan, namun ia sering mendapat perlakuan kasar dari bosnya, akhirnya ia memutuskan keluar dari perusahaan tersebut dan mulai merancang ide bisnis baru yang belum ada di dunia, yakni aplikasi pemesan makanan online.

Ayahnya telah berhasil presentasi didepan banyak investor, dan telah mendapat keputusan invetsasi, Tapi Naas di tengah jalan ia meninggal karena stress yang dialaminya.

4. Bangun Tim Yang Punya Visi Sama dan Dapat Dipercaya

Saat Seo Dal Mi memutuskan untuk masuk ke Sandbox (sebuah tempat para perusahaan startup belajar dan bersaing) dimana dirinya dipertemukan dengan tim Samsantech, ia memilihnya sebab memiliki visi yang sama dan punya kelebihan di bidang IA. Tapi Seo Dalmi merasa belum lengkap, lalu ia memilih desainer ternama bahkan sampai memohon padanya untuk jadi marketingnya.

Selain uang, visi yang sama dan sikap saling percaya merupakan modal utama dalam membangun bisnis. Membangun sikap saling percaya melalui komunikasi yang baik, menerima pendapat dan mencari solusi bersama merupakan langkah awal dalam pembentukan fondasi tim.

Karena ke depannya akan banyak perbedaan pendapat dan kesalahpahaman yang harus dilalui selama bisnis berjalan.

5. Saat Kamu Tak Mampu Kalahkan Musuhmu Jadilah Pasukannya

Itulah perkataan Han Jip Yeong pada Seo Dal Mi, saat Samsantech milik Seo Dalmi ditipu oleh investor Asing (2STO) alih alih diakuisisi dan berhak mendapat dana 3 miliar, 2STO justru hanya mengambil pengembangnya saja dan membuang tim yang tak perlu.

Akhirnya alih alih menyerah, Seo Dal Mi justru memutuskan bekerja bersama perusahaan milik kakaknya Won In Jae (Kang Ha Na), padahal apa yang dilakukan selama ini oleh Seo Dalmi untuk menunjukan dirinya lebih hebat dari kakaknya, sebab saat orang tuanya berpisah ia lebih memilih ayahnya tidak seperti kakaknya yang memilih hidup nyaman dengan ibunya.

Nah itu dia beberapa pelajaran penting dari drakor Start-up. Tak melulu menampilkan kisah percintaan, drama ini memberikan banyak pengetahuan dasar mengenai dunia bisnis yang bisa kamu pelajari dan praktekan. Drama ini tayang tiap weekend, pukul 21:00 WIB, kamu bisa menontonnya di Netflix dan platform video streming lainnya.