Mandiri Sekuritas Prediksi IHSG 2020 di Level 6.875

Silvi Halim, Direktur Mandiri Sekuritas. (foto: Gio/goodmoneyID).

goodmoneyID – Meredanya ketegangan hubungan dagang antara Amerika dan China membuat proyeksi pertumbuhan global pada tahun ini akan lebih baik. Begitu pula perkembangan di pasar uang dan saham.

Direktur Mandiri Sekuritas Silva Halim menyebut,  pasar modal Indonesia  menjadi salah satu tempat investasi yang bertumbuh. Tim Riset Mandiri Sekuritas memproyeksikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada tahun ini akan mencapai 6.875.

“Kami melihat tiga tema besar di tahun 2020 yang menjadi katalis pertumbuhan pasar modal Indonesia, yaitu reformasi kebijakan, konsolidasi industri, serta pergeseran tren dari konsumsi ke investasi,” ujar Silva.

Seperti diketahui, pada tahun lalu IHSG ditutup pada level 6.299, atau hanya tumbuh 1,7% secara year to date. Sebelumnya pada pembukaan perdagangan Bursa di awal tahun, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempunyai empat fokus kebijakan di Pasar Modal pada 2020. Pertama, peningkatan pelaksanaan governance yang lebih baik.

Kedua, meningkatkan peran pasar modal dalam pembiayaan berbagai proyek di sektor-sektor strategis pemerintah, di antaranya melalui pemberian berbagai insentif kepada para emiten yang bergerak pada pengembangan sektor-sektor strategis Pemerintah dan yang mengedepankan aspek ramah lingkungan.

Ketiga, meningkatkan jumlah emiten UMKM, melalui penyederhanaan aturan penawaran umum dan kewajiban transparansi bagi UMKM maupun peningkatan peran perusahaan efek daerah, dan keempat, membangun ekosistem pasar modal yang lebih dalam.