Pembiayaan Berlanjutan Bank BRI Tembus Rp588,6 Triliun, 64,5% Untuk UMKM

Foto: Direktur Utama Bank BRI Sunarsi dalam RUPSLB BRI Kamis (7/10).

goodmoneyID – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) berkomitmen menerapkan praktik keuangan yang berkelanjutan. Hal ini dibuktikan BRI dari saluran pembiayaan berkelanjutan.

Hingga Kuratal II 2021, BRI mencatat pembiayaan berkelanjutan sebesar Rp588,6 triliun disalurkan pada UMKM, atau sekitar 64,5 persen, selebihnya di salurkan pada kegiatan bisnis berbasis energi baru terbarukan, clean transportation, green building dan lain-lain.

Pada sisi liabilities, perseroan pada 2019 juga sudah menerbitkan sustainable bond. Seluruh dana sejumlah USD500 juta digunakan untuk kegiatan yg berwawasan sosial dan lingkungan.

Dari sisi operasional, BRI telah mengembangkan berbagai inisiatif digital dalam bisnis proses reenginering untuk mendukung proses pelestarian lingkungan melalui pengurangan penggunaan emisi kertas dan karbon.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso, mengatakan saat ini perseroan menerapkan TJSL melalui pembiayaan kepada pelaku usaha mikro dan kecil, yang dikenal sebagai program pinjaman kemitraan serta bantuan lainnya yang disalurkan dalam program tanggungjawab sosial dan lingkungan BRI Peduli.

“Penerapan tjsl dalam aktivitas bri antaranya konsep triple bottom, Yaitu pro planet pro people dan pro profit,” tutup Sunarso, Direktur Utama Bank BRI, di Jakarta saat paparan RUPSLB BRI, Kamis (7/10).