Sebelas Fitur OS Android 11, Mesti Dicoba

goodmoneyID – Operating System (OS) Android 11 sebentar lagi sudah bisa nikmati, bahkan pembaruannya diketahui telah diluncurkan ke ponsel Google Pixel dan akan hadir dilebih banyak perangkat dalam beberapa minggu atau bulan mendatang. Sama seperti beberapa pembaruan OS Android sebelumnya, tidak ada perubahan desain atau fitur radikal yang akan sepenuhnya mengubah cara menggunakan ponsel, namun ada banyak peningkatan kecil yang layak dicoba.

goodmoneyID telah merangkum 11 fitur baru yang harus dicoba saat memperbarui OS Android 11, melansir Androidpolice.com.

1. Media Kontrol

Android 11 memindahkan semua kontrol pemutaran media, dari panel notifikasi ke bawah bagian pengaturan, atau bagian atas dibawah menu.

Ini berarti saat mengetuk tombol ‘Hapus semua’ untuk pemberitahuan, tidak lagi menghapus kontrol. Namun lebih praktisnya, jika memiliki aplikasi media yang aktif lebih dari satu, bisa menggulirnya ke kiri atau kanan, untuk memulainya kembali.

2. Pop Up Bubble Conversations

Ada beberapa perubahan lain pada notifikasi di Android 11 selain kontrol media baru. Yaitu percakapan langsung ditampilkan pada bagian dasar ponsel, sehingga meskipun menutup pesan tersebut, pop upnya masih ada berbentuk bulat yang bisa di geser ke bagian manapun dan bisa pula dihapus. Mudahnya, layaknya aplikasi facebook messenger, yang memiliki pop up bubble conversations.

3. Perekam layar/ Screen Recorder

Sebelumnya butuh aplikasi pihak ketiga untuk melakukan perekaman layar. Namun di OS Android 11, fitur itu sudah tersedia. Screen recorder ini mendukung juga pengambilan audio. Screen record dapat diakses dengan mengetuk perintah ‘Rekam Layar’ di Pengaturan Cepat. Jika tidak melihatnya di perangkat, tekan tombol edit di Pengaturan Cepat dan seret ubin keluar dari opsi tersembunyi. Setelah memilikinya, ketuk untuk memulai rekaman.

Fiturnya masih agak sederhana, karena tidak mendapatkan opsi untuk format/resolusi video atau menambahkan overlay (seperti kamera depan). Namun, itu jauh lebih baik daripada tidak bisa merekam audio sama sekali.

4. Menu tombol daya

Menahan tombol daya dulu hanya menampilkan opsi daya, tetapi Google mulai memperluas cakupannya dengan Android 10, dan sekarang ada halaman lengkap yang muncul setelah menekan tombol. Tombol darurat, daya, dan mulai ulang masih ada, tetapi sekarang bergabung dengan panel kontrol untuk perangkat rumah pintar dan dompet digital.

Namun, ada satu tangkapan besar. Google tidak meminta produsen perangkat lain untuk menggunakan fitur ini, jadi fitur ini mungkin tidak tersedia di semua perangkat. Kabarnya Android 11 untuk ponsel Samsung, yang dikenal sebagai One UI 3.0, sama sekali tidak memiliki fitur ini.

5. Emoji Baru

Android 11 memiliki 117 emoji baru, semuanya dari set Unicode Emoji 13.0. Beberapa opsi baru termasuk Wajah Tersenyum dengan Air Mata, Wajah Tersamar, Jari Terjepit, Ninja, Jantung dan Paru-paru yang benar secara anatomis, Bubble Tea, dan Pinata.

Selain emoji baru, Google juga telah menggambar ulang sebagian besar emoji yang sudah ada. Kebanyakan simbol telah menambahkan bayangan, garis besar pada orang telah dimodifikasi, dan seterusnya.

6. Temporary permissions

Android 10 memperkenalkan banyak perubahan izin atas nama privasi dan keamanan, seperti memblokir akses papan klip di latar belakang dan membatasi ID perangkat, dan perusahaan tidak berhenti di situ. Android 11 memungkinkan memberikan beberapa izin untuk sementara, sehingga aplikasi akan kehilangan akses ke izin tersebut setelah Anda menutupnya.

7. Wireless Android Auto

Android Auto biasanya diperlukan saat menyalakan audio mobil dengan kabel USB. Saat ini menjadi standar di hampir setiap ponsel yang menjalankan Android 11 sudah menggunakan mode nirkabel. Mode nirkabel diperkenalkan pada tahun 2018 untuk beberapa ponsel Pixel. Perangkat Samsung kemudian ditambahkan ke daftar kompatibilitas. Syaratnya ponsel harus mendukung Wi-Fi 5GHz (yang sekarang dimiliki sebagian besar perangkat).

8. Notification history

Apakah sering tidak sengaja menghapus pemberitahuan dan tidak yakin jika ternyata melewatkan sesuatu yang penting? Jika demikian, mungkin akan menyukai halaman riwayat Notifikasi baru Android 11.

Pelacakan riwayat mungkin tidak diaktifkan secara default, tetapi setelah aktif, akan terlihat peringatan yang baru-baru ini ditutup dan catatan semua pemberitahuan dari 24 jam terakhir. Layar riwayat baru adalah cara terbaik untuk melihat aplikasi mana yang paling mengganggu.

9. Better curved display support

Banyak smartphone sekarang telah menampilkan lekukan di sekitar tepi ponsel, juga dikenal sebagai tampilan ‘air terjun’. Mungkin terlihat bagus, tetapi mereka dapat mengubah tombol dan kontrol lain yang biasanya ditempatkan di tepi layar, membuatnya lebih sulit untuk diketuk. Android 11 memperbaikinya dengan API DisplayCutout yang diperbarui, yang memberi tahu aplikasi bagian mana dari layar yang berada di tepinya.

Ini adalah ekstensi dari API yang pertama kali diperkenalkan di Android 9 Pie, yang memungkinkan aplikasi bekerja di sekitar guntingan di layar, terutama lubang/takik untuk kamera depan. Dengan fungsionalitas baru di Android 11, aplikasi dapat memastikannya tampak hebat di layar ponsel cerdas apa pun.

10. Pin apps in share menu

Lembar berbagi secara bersamaan merupakan salah satu fitur terbaik dan terburuk Android, ini membuat pengiriman konten ke seluruh aplikasi makin mudah, tetapi desain dan kinerjanya telah menjadi masalah untuk sementara waktu. Google memperbaiki sebagian besar masalah kinerja di Android 10, dan Android 11 memiliki fitur yang membuat lembar berbagi sedikit lebih bagus untuk digunakan.

Dengan Android 11, sekarang dapat menyematkan aplikasi favorit ke bagian atas lembar berbagi, alih-alih mencarinya dalam urutan alfabet biasa. Namun, ini tidak mempengaruhi aplikasi yang menggunakan lembar berbagi khusus, seperti Foto Google.

11. Scheduled dark mode

Google menerapkan saklar tema gelap seluruh sistem di Android 10. Ini adalah kemampuan untuk secara otomatis mengaktifkan mode gelap saat matahari terbenam dan mematikannya di pagi hari.

Tombol tema gelap di Android 11 memiliki opsi baru untuk mengatur jadwal. Sehingga dapat menyetel waktu mulai dan akhir custom sendiri, atau menyetelnya ke waktu matahari terbit/terbenam untuk lokasi. Sangat menyenangkan jika ponsel beralih ke mode gelap dengan sendirinya.