18 Fitur Rahasia Apple iOS 14

goodmoneyID – Apple iOS 14 akhirnya resmi dirilis, setelah sebelumnya melakukan percobaan pada format Beta dan memperbaiki sejumlah bug yang ditemukan. iOS 14 awalnya diumumkan pada Juni di Apple Worldwide Developers Conference (WWDC), dan baru tersedia pada 16 September 2020.

Perlu diketahui, iOS 14 ternyata mengemas banyak fitur rahasia hebat yang layak untuk dicoba. Berikut 18 Fitur Rahasia Pada Apple iOS 14 Terbaru yang perlu diketahui melansir Forbes.

1. Add to App Library

Saat menghapus aplikasi, sekarang ada opsi baru untuk menambahkannya ke Apps Library, yang menghapusnya dari layar beranda tetapi tetap menyimpannya di Perpustakaan Aplikasi baru iOS 14.

2. Back Tap

Custom Commands – Navigate to Settings > Accessibility > Touch > Ketuk Kembali dan dapat mengatur perintah akses cepat saat mengetuk bagian belakang iPhone dua atau tiga kali. Hampir semua perintah tersedia, dari pintasan navigasi cepat hingga membuka Siri atau Pusat Pemberitahuan, mengambil tangkapan layar, mengubah volume, mematikan atau mengunci telepon dan banyak lagi. Ini sangat bagus dan bisa memudahkan untuk berselancar dengan smartphone.

3. Baterai (Custom Power Modes)

Pintasan kiri sekarang dapat secara otomatis menerapkan pengaturan custom ke iPhone ksaat sedang mengisi daya atau dalam Mode Daya Rendah. Ini termasuk pengaturan notifikasi, tingkat kecerahan layar, berbagi lokasi, Bluetooth on/off dan banyak lagi.

4. Bluetooth

iOS 14 menunjukkan perangkat Bluetooth mana yang terhubung dalam pemberitahuan pop-up, jadi Anda tidak perlu lagi memeriksa di Pusat Kontrol.

5. Kamera

Pengaturan kamera iOS 14 memungkinkan untuk beralih ‘Mirror Front Camera’ yang berarti foto akan sama seperti aslinya. Secara default, iOS 14 bisa membalik gambar, sehingga dapat mengatasinya sesuai keinginan.

6. FaceTime

Fitur ini sempat tertunda dari iOS 13, FaceTime sekarang dapat secara otomatis mengubah garis pandang seseorang, sehingga tampak menjaga kontak mata dengan penelepon lain (Settings > FaceTime > Eye Contact). Fitur ini cerdas namun juga menyeramkan.

FaceTime dapat mengenali ketika seseorang masuk dalam panggilan grup dan memberikan pemosisian yang menonjol kepada penanda tangan sehingga mereka mudah dilihat.

7. Keyboard

Pencarian Emoji, akhirnya pemilik iPhone dapat mencari melalui perpustakaan emoji iOS. Saat keyboard emoji terbuka di iOS 14, sekarang dapat menemukan bilah pencarian yang telah ditambahkan.

8. Pesan

Saat ini dapat menyematkan satu percakapan dengan menggesek langsung di layar beranda Pesan, tetapi ketuk menu di atas dan dapat menyematkan percakapan sebanyak yang disuka.

Filter pesan secara otomatis, temukan menu Filter di pesan dan dapat membuat aplikasi secara otomatis mengurutkan menurut Pengirim yang Dikenal, Pengirim Tidak Dikenal, Promosi, Transaksi, dan Sampah.

Beri Tahu Saya – masuk ke pengaturan di Pesan dan aktifkan opsi Beri Tahu Saya, jadi Anda akan tetap diberi tahu jika disebutkan dalam obrolan grup yang dibungkam.

9. Navigasi

Back Button Long Press, lakukan hal ini maka akan didapatkan akses cepat ke semua level menu di aplikasi/Pengaturan dari tempat bernavigasi. Tindakan ini menghemat beberapa kali penekanan tombol kembali untuk kembali ke layar utama aplikasi.

10. Hide Calls

Sembunyikan Panggilan, pemberitahuan panggilan masuk baru yang lebih kecil di iOS 14 tidak hanya kurang mengganggu, tetapi juga memungkinkan untuk menghapus panggilan. Panggilan terus berdering tetapi diminimalkan menjadi ikon, memungkinkan menyelesaikan tugas dengan cepat sebelum menjawab.

11. Tambah Teks Pada Foto

Buka foto apapun, geser ke atas dan akan melihat bidang Teks baru. Bagian terbaiknya adalah teksnya dapat dicari, sehingga dapat menggunakannya untuk menemukan gambar tertentu dengan cepat.

12. Privacy

Camera & Mic Warnings, ini muncul di samping ikon WiFi dan memperingatkan jika aplikasi menggunakan kamera iPhone (titik hijau) atau mikrofon (titik oranye) di latar belakang.

Lokasi Akurat – sekarang dapat membatasi aplikasi untuk menggunakan perkiraan, bukan lokasi persis.

Peringatan Clipboard – iOS 14 akan memperingatkan jika suatu aplikasi telah mengakses data papan klip, menentukan aplikasi tersebut dan dari mana ia mengambil datanya.

13. Safari

Speed Boost – iOS 14 memperkenalkan mesin JavaScript baru untuk Safari dengan Apple yang membanggakannya dua kali lipat kinerja Chrome di Android 10.

14. Siri/Shortcuts Gallery 

Apple telah memperkenalkan antarmuka pengguna baru untuk Galeri Pintasan Siri dengan gambar mini yang diperbesar dan diferensiasi warna cerah.

15. Mode Tidur & Mode Istirahat

Pintasan Pusat Kontrol – Navigate to Settings > Control Centre > Aktifkan Mode Tidur dan Anda dapat mengatur mode iOS 14 baru ini agar muncul sebagai pintasan di Pusat Kontrol.

16. Waktu dan tanggal

UI Baru – Apple telah memperkenalkan antarmuka pengguna gaya gelembung baru untuk memasukkan waktu dan tanggal di seluruh sistem operasi. Ini adalah peningkatan kegunaan yang disambut baik melalui roda gulir yang mengerikan.

17. Keamanan

Gali ke pengaturan iOS 14 dan akan menemukan Rekomendasi Keamanan, ini secara otomatis dapat memperingatkan tentang pelanggaran data dan kebocoran kata sandi di situs web pihak ketiga.

18. Widget

Smart Stack – iOS 14 memperkenalkan widget layar beranda dan yang terbaik yakni Smart Stack. Ini memungkinkan untuk menggabungkan beberapa widget menjadi satu dan iOS 14 belajar untuk secara otomatis beralih di antara mereka berdasarkan penggunaan, lokasi, atau waktu.