Tokopedia Ungkap Tren Belanja Semester I 2022

Foto: Ilustrasi Digital Marketing (Dok: BCA)

goodmoneyID – Tokopedia membeberkan bahwa selama semester 1 2022 barang yang paling laris dijual adalah kebutuhan rumah tangga, makanan dan minuman fesyen, serta kesehatan  dan elektronik. Hal ini dikatakan oleh Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

“Sepanjang semester I 2022, kategori Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Fesyen, Kesehatan dan Elektronik menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia. Sementara, minyak dan buah menjadi beberapa produk harian yang paling banyak dibeli masyarakat,” ungkap Chanda, dalam paparanya, Jumat (22/7).

Melihat tren ini, Tokopedia terus berupaya menghadirkan berbagai inisiatif, misalnya Hyperlocal. Inisiatif tersebut mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, sehingga belanja produk kebutuhan harian bisa lebih efisien karena ongkir lebih terjangkau dan pegiat usaha lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Didorong oleh inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat wilayah Asmat, Tual, Jeneponto, Takalar dan Bantaeng merupakan beberapa wilayah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia selama semester I 2022 dibandingkan semester II 2021.

Deretan inisiatif Tokopedia lainnya, seperti Home Living SALEbrationsTokopedia Nyam!Cantik FestTokopedia Peduli Sehat dan Tokopedia Tekno, juga turut menciptakan temuan menarik seputar perilaku belanja online masyarakat Indonesia.

“Contohnya, transaksi paling jauh yang terjadi di Tokopedia sepanjang semester I 2022 adalah dari Bandung ke Jayapura,” tambah Ekhel.

Tokopedia juga mencatat wilayah dengan peningkatan transaksi antar pulau paling tinggi selama semester I 2022 terjadi antara Sulawesi-Papua, Papua-Jawa serta Papua-Bali dan NTT. Sementara beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada semester I 2022, yaitu Pegunungan Bintang, Humbang Hasundutan, Jayawijaya, Takalar hingga Keerom.