Trimegah Luncurkan Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah

foto: (Ki-ka) Antony Dirga (Direktur Utama Trimegah AM), Darma Yudha Head Of Fixed Income Trimegah AM

goodmoneyID –  Trimegah Asset Management  (AM) menghadirkan Reksa Dana Pendapatan Tetap baru, yaitu Trimegah Dana Tetap Syariah  Reksa Dana ini bertujuan untuk memperoleh pertumbuhan nilai investasi yang optimal untuk jangka panjang sesuai dengan prinsip syariah melalui investasi pada efek pendapatan tetap syariah.

“Trimegah Dana Tetap Syariah akan menempatkan portofolio sebanyak 80-100% pada efek pendapatan tetap syariah termasuk sukuk yang diperdagangkan baik di dalam maupun di luar negeri. Sekitar 20% dari total portofolio juga ditempatkan pada efek syariah bersifat ekuitas dan instrumen pasar uang syariah dalam negeri yang memiliki jatuh tempo tidak lebih dari 1 tahun,” ujar Antony Dirga, Direktur Utama Trimegah AM, pada peluncuran Trimegah Dana Tetap Syariah, di Jakarta kepada goodmoneyID, di Jakarta (5/12).

Untuk strategi awal Trimegah reksa dana tetap syariah akan menyasar pada obligasi negara yang  bersifat syariah seperti Sukuk ritel. Alasannya, minimnya risiko dan situasi pasar yang masih tidak stabil.

Keputusan Trimegah menerbitkan Reksa Dana Syariah berbasis efek pendapatan tetap syariah ini karena melihat industri keuangan syariah telah mengalami pertumbuhan pesat.  Sebagai contoh, sejak 2013 sampai 2018 perbankan syariah menunjukkan pertumbuhan dibandingkan pertumbuhan perbankan secara keseluruhan sebesar sekitar 10% per tahun.

Di industri reksa dana, untuk periode yang sama, Reksa Dana Syariah telah mengalami pertumbuhan dana kelolaan sebesar sekitar 29% per tahun, dibandingkan pertumbuhan dana kelolaan Reksa Dana secara keseluruhan sebesar sekitar 20% pertahun. Trimegah  menargetkan dana kelolaan pada Trimegah Dana Tetap Syariah di akhir tahun 2020 mencapai Rp200-300 miliar. “Reksa Dana ini dapat dimiliki dengan minimum investasi sebesar Rp100.000,” kata Antony.

Trimegah AM meyakini bahwa produk-produk Reksa Dana Syariah akan semakin diminati oleh para investor selain karena prinsip syariah yang melandasinya, juga karena return yang kompetitif.

Saat ini Trimegah AM telah memiliki produk-produk Reksa Dana Syariah yang lengkap, yaitu: TRIM Syariah Saham pada Reksa Dana Saham Syariah, TRIM Syariah Berimbang pada Reksa Dana Campuran Syariah, Trimegah Dana Tetap Syariah, dan Trimegah Kas Syariah pada Reksa Dana Pasar Uang Syariah.