6 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

goodmoneyID – Kopi sudah sangat popular di Indonesia, bahkan menjadi gaya hidup baru anak milenial. Banyak orang yang memilih kopi untuk menemani kegiatan mereka, baik ketika sendiri atau dengan teman. Dari sekian banyak minuman, kopi dianggap spesial dengan rasa dan aromanya yang khas.

Dilansir dari  healthline.com kopi bukan sekadar minuman biasa. Kopi dapat memengaruhi kesehatan Anda, seperti berikut ini.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Kecerdasan

Kopi dapat membantu orang yang merasa lelah menjadi lebih fit. Pertama karena kopi mengandung stimulan yang disebut kafein, setelah anda meinum kopi, kafein akan diserap ke dalam aliran darah Anda. Dari sana, ia bergerak ke otak Anda, sedangkan untuk kecerdasan di otak, kafein akan meningkatkan  suasana hati dan berbagai aspek yang ada dalam otak

  1. Membantu Membakar Lemak

Kafein dari kopi adalah salah satu dari beberapa zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolism hingga 3–11%. Studi lain menunjukkan bahwa kafein dapat secara spesifik meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus.

  1. Meningkatkan Kinerja Fisik secara drastis

Minum Kopi dapat merangsang sistem saraf Anda, memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Kafein dari kopi dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12%. Oleh kKarena itu, disarankan untuk minum secangkir kopi sekitar setengah jam sebelum pergi ke gym. Sehingga kopi akan meningkatkan kadar adrenalin dalam tubuh anda dan memompa anda untuk berolahraga lebih efektif.

  1. Mengandung Nutrisi Esensial

Banyak nutrisi dalam biji kopi yang masuk ke dalam kopi yang sudah diseduh. Kopi mengandung beberapa nutrisi penting, termasuk riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, magnesium, dan niasin. Yaitu seperti vitamin B2 sebanyak 11%, vitamin B5 sebanyak 6%, vitamin B3 sebanyak 2%, dan kalium sebanyak 3%.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan terbesar dari jenis diabetes, yang saat ini mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.  Ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistensi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin. Beberapa penelitian observasional menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Orang yang minum kopi paling banyak memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit ini. Satu studi menunjukkan pengurangan setinggi 67%. Menurut ulasan besar dari 18 studi dalam total 457.922 orang, setiap cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan 7% risiko diabetes tipe 2

  1. Melindungi Dari Penyakit Alzheimer dan Demensia

Peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer, yang merupakan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Penyakit Alzheimer (lupa ingatan).  adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utamnya demensia di seluruh dunia. Kondisi ini biasanya mempengaruhi orang di atas 65, dan tidak ada obat yang diketahui.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit tersebut terjadi, salah satunya dengan minum kopi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Alzheimer hingga 65% lebih rendah.