Indonesia E-Sport Summit 14TH World E-Sports Championships Resmi Dibuka

Foto: IESF 14TH WORLD ESPORTS CHAMPIONSHIPS

goodmoneyID – Indonesia Esports Summit 2022, salah satu agenda terpenting esports yang diinisasi oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), resmi dibuka dengan seremoni yang sarat dengan warna keindahan budaya Indonesia yang dibalut kecanggihan teknologi digital.

Gemerlapnya seremoni pembukaan bertema Sportainment dan Sports Tourism ini dihadiri oleh ribuan audiens dari kalangan atlet dunia peserta kejuaraan dunia esports IESF 14th WE Championships 2022, pelaku industri esports tanah air dan mancanegara, organisasi olahraga nasional, selebriti dari industri hiburan, hingga tokoh-tokoh terkemuka esports dari berbagai kawasan dunia.

Seremoni Pembukaan Indonesia Esports Summit dan kejuaraan dunia esports IESF 14th WE Championships 2022 dibuka remi oleh Menteri Pemuda & Olah Raga, Zainudin Amali, beserta Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo, dan Presiden IESF, Vlad Marinescu. Turut hadir Ketua Umum KONI, Marciano Norman, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari dan Bendahara Umum KOI, Tommy Hermawan Lo.

Menteri Pemuda & Olah Raga, Zainudin Amali mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Indonesia Esports Summit: IESF 14th World Esports Championships.

“Kegiatan yang mengharumkan nama bangsa di kancah dunia merupakan kerja keras Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI). Penyelenggaraan ajang internasional yang spektakuler ini merupakan lompatan besar dalam visinya sebagai kekuatan terdepan di Asia, bahkan dunia. Semoga perhelatan ini menjadi titik awal dimulainya sejarah baru untuk memberikan kontribusi besar esport untuk bangsa dan negara,” ujar Menpora Amali.

Dalam sambutan pembukanya, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo mengajak seluruh masyarakat dunia untuk menyadari besarnya potensi esports terhadap kehidupan sosial ekonomi budaya seluruh bangsa.

“Melalui Indonesia Esports Summit, kami ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat luas tentang sinergitas yang dapat dibangun melalui esports untuk tujuan pemberdayaan dan optimalisasi di seluruh sektor yang menjadi ekosistemnya. Kami ingin masyarakat paham bahwa esports tidak hanya bermain gim atau menyelenggarakan turnamen gim. Namun, esports adalah cabang olahraga yang telah menjadi industri besar dengan potensi ekonomi, sosial dan budaya yang luar biasa yang menyentuh sektor olahraga prestasi, ekonomi kreatif, pariwisata, teknologi, dan bahkan pendidikan. Esports adalah bidang yang membutuhkan keseriusan, kecerdasan, kreativitas, dan integritas,” ujar Bambang.

Pada kalimat penutupnya, Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo juga menyampaikan pesan yang sangat kontekstual dengan situasi dunia saat ini.

“Jadikan esports sebagai sarana bagi para pelakunya di seluruh dunia untuk menggalang persahabatan, persaudaraan, dan perdamaian.

Presiden IESF, Vlad Marinescu menyambut seluruh atlet dan delegasi pada upacara tersebut dan mengatakan Selamat datang di Bali untuk Final Kejuaraan Esports Dunia 2022. Kami sangat senang melihat 106 negara bersejarah, lebih dari dua kali lipat dari edisi tahun lalu, bersaing dalam edisi ke-14 dari acara ini di sini di Tanah Para Dewa.

“Kalian semua di sini di negara yang indah ini dan mereka yang menonton adalah bukti dan cerminan dari pertumbuhan dan kemajuan Keluarga Esports Dunia,” ungkapnya.

Kejuaraan dunia esports IESF World Esports Championships 2022 yang menjadi bagian dari agenda besar Indonesia Esports Summit 2022, mempertandingkan enam nomor gim, yaitu Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang-Bang, eFootball 2023, DOTA 2, dan Tekken 7.

Lebih dari 500 atlet dari 106 negara telah berada di Bali untuk berkompetisi merebutkan gelar Juara Dunia di nomor-nomor yang dilagakan.