IPB: Jus Jeruk Beserta Kulitnya Tingkatkan Imunitas Tubuh

komoditi jeruk. (foto: pixebay)

goodmoneyID – Virus Corona terus menyebar di hampir seluruh daerah Indonesia membuat banyak kalangan berupaya mencegah dan terhindar dari virus tersebut. Salah satu hasil penelitian terbaru di Indonesia menyebutkan mengkonsumsi jus jeruk beserta kulitnya disebutkan berpotensi meningkatkan imunitas tubuh.

Tim riset yang terdiri gabungan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI) menyebutkan telah menemukan senyawa yang berpotensi untuk melawan Covid-19. Senyawa tersebut disebutkan terkandung dalam buah jeruk serta kulitnya.

Salah satunya yakni Guru Besar IPB sekaligus Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara, yang menyebutkan senyawa yang terkandung  dalam jeruk dan kulit jeruk yakni flavonoid.

“Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid, yaitu salah satunya adalah hesperidin. Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus. Senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk,” ujar Irmanida, dalam keterangan tertulisnya kepada media.

Lanjut Irmanida, ia menyarankan untuk yang kurang sanggup mengonsumsi yang pahit, bisa membuat infus water dari jeruk beserta kulitnya. Beberapa senyawa dari kulit jeruk akan larut dalam air sehingga juga terkonsumsi oleh kita. Jangan lupa jeruknya dicuci bersih terlebih dahulu.

“Semua jenis jeruk mengandung hesperidin. Jadi tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lainnya,” tutupnya.