Mengenal Diet Plant Based, Buat Panji Pragiwaksono Turun 13 Kg

Foto: Pexels

goodmoneyID – Hidup di tengah pandemi Covid-19, menuntut untuk stay at home lebih lama. Hal ini dimanfaatkan beberapa orang dengan mencoba menjalani hidup lebih sehat demi menjaga tubuh tetap bugar dan fit.

Ini juga dimanfaatkan oleh Standup Komedian Panji pragiwaksono. Selama masa PSBB, Panji mampu menurunkan berat badannya hingga 13 Kg. Panji membeberkan mampu menurunkan berat badan dengan melakukan Diet Plant Based.

Lalu, apa itu Diet Plant Based?

Diet plant-based atau diet nabati adalah pola makan yang hanya mengonsumsi sebagian besar makanan berasal dari tanaman. Beberapa orang menafsirkan pola makan ini sebagai diet vegan, karena menghindari semua produk hewani. Padahal, diet nabati artinya hanya mengonsumsi makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang kacangan yang menjadi fokus utamanya.

Seberapa efektif Diet Plant Based bagi kesehatan?

Jika membuka google dan mencari kata kunci mengenai plant-based diet, akan ditemukan banyak artikel mengenai manfaat plant base-diet bagi kesehatan, terutama untuk menurunkan risiko-risiko berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit diabetes, kanker dan penyakit jantung.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh the American College of Cardiology, plant-based diet dapat menurunkan 41% risiko gagal jantung. Penelitian ini dilakukan sekitar 8-9 tahun kepada 16 ribu partisipan.

Menurut forksoverknives.com, ada beberapa manfaat dari praktik plant-based diet untuk Kesehatan dan semuanya sudah didukung dengan hasil penelitian ilmiah. Manfaat utama yang dapat dirasakan sebagai berikut, manajemen berat badan ideal yang lebih mudah, mencegah penyakit kronis seperti diabetes, kanker dan penyakit jantung, Lebih ramah lingkungan.

Bagaimana cara memulai Diet Plant Based?

Seperti yang sudah disebutkan diatas, plant-based diet memiliki 2 prinsip.

  1. Mengkonsumsi pangan natural dengan pengolahan minimal.

Pilihlah pangan-pangan natural untuk memenuhi kebutuhan diet. Pilih pangan yang diproduksi secara alami dan tanpa melalui modifikasi genetik. Pilihlah produk-produk Enatura yang diproduksi secara alami, tanpa MSG, pemanis sintetis, pewarna sintetis, dan perisa sintetis.

Pelaku plant-based diet juga harus membatasi penggunaan gula, tepung terigu dan minyak. Ganti penggunaan gula dengan madu hutan organik Enatura, diproses secara alami, tanpa pengolahan dan penggunaan bahan tanmbahan. Cari produk subtitusi tepung dan minyak ke arah yang lebih sehat seperti penggunaan tepung glutten free dan virgin oil.

2. Mengkonsumsi pangan yang berasal dari tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan.

Bila menjalankan plant-based diet, harus tetap memperhatikan kebutuhan makronutrien yang dibutuhkan seperti karbohidrat, protein, dan lemak serta kebutuhan mikro seperti vitamin dan mineral. Sayuran dan buah yang kita konsumsi biasanya mengandung sebagian besar karbohidrat dan vitamin.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi protein, lemak, dan mineral kamu mungkin harus lebih banyak mencari tahu kembali jenis sayur dan buah-buahan yang kaya akan zat tersebut agar diet yang dijalani tetap seimbang.

Adapun beberapa makanan yang harus dihindari saat diet plant based, antara lain :

  1. Makanan cepat saji
  2. Makanan penutup dan minuman manis
  3. Biji-bijian olahan, seperti nasi putih, roti putih, pasta olahan dan lainnya
  4. Makanan kemasan, seperti kue kering, keripik, sereal manis dan lainnya
  5. Daging olahan, seperti bacon, sosis dan lainnya