Sematkan Iklan Pada IGTV, Selebgram Bakal Ketiban Cuan

Loading

goodmoneyID – Instagram berencana menyematkan iklan dalam video di IGTV, yang nantinya memungkinkan seseorang untuk meraup keuntungan dari iklan di konten video mereka.

“Instagram telah memutuskan untuk memonetisasi model dengan menambahkan fitur iklan IGTV,” melansir influencermarkerinfhub.com, Sabtu, (30/5).

IGTV merupakan fitur video di Instagram yang menawarkan lebih banyak opsi bagi seseorang untuk mempublikasikan video dalam durasi panjang. IGTV juga mendukung video vertikal, yang tak banyak dijumpai di platform lain. Jadi, pengguna ponsel tidak perlu memutar ponselnya untuk melihat video lebih lebar.

Pada bulan Februari 2020, Instagram mengumumkan bahwa mereka telah membuat prototipe internal untuk program ini. Dan saat ini sedang mengeksplorasi cara membuat IGTV sebagai sumber pendapatan berkelanjutan untuk influencer/ selebgram. Nantinya, pembuat konten dan influencer akan dapat menghasilkan uang dengan memasukkan iklan di video IGTV mereka.

CEO Instagram, Justin Osofsky mengatakan bahwa kurangnya pemasukan untuk influencer membuat mereka sungkan mengupload video mereka ke IGTV.

“Pendapatan iklan bisa menjadi insentif kuat bagi pembuat konten terkemuka untuk mencoba-coba IGTV. Mereka tidak hanya akan berkontribusi konten luar biasa tetapi juga membawa komunitas pengikut besar mereka ke platform,” terang Justin.

Justin menyebut, hal ini akan banyak mendatangkan keuntungan bagi mereka (influencer) dan efeknya bakal seperti bola salju, artinya bakal diminati banyak orang.

Iklan di IGTV baru akan muncul ketika pengguna mengklik “tonton di IGTV”‘ setelah melihat preview yang lewat di lini masa. Pesan komersil di IGTV akan ditampilkan secara vertikal dan berdurasi 15 detik.

Nantinya, model afiliasi Instagram akan sama dengan YouTube. Ini berarti Instagram siap bersanding dengan platfrom lain seperti, Facebook dan Google, iklan IGTV bisa menjadi kartu truf mereka.

Instagram rencananya  akan membagikan setidaknya 55% dari pendapatan iklan melalui IGTV dengan para pembuat konten.